Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 13 Maret 2016, 15:26 WIB

Transportasi Masa Depan Hyperloop Rambah Benua Eropa

Niken Purnamasari - detikOto
Transportasi Masa Depan Hyperloop Rambah Benua Eropa Foto: Mashable
Bratislava - Transportasi masa depan, Hyperloop tak hanya dapat dinikmati oleh warga di Amerika Serikat. Transportasi dengan kecepatan supersonik itu bakal merambah benua biru Eropa.

Seperti dilansir Mashable, Minggu (13/3/2016), Hyperloop Transportation Technologies telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah Republik Slowakia untuk membangun transportasi berbentuk kapsul tersebut.

Nantinya, sistem Hyperloop yang dikembangkan di Republik Slowakia itu akan menghubungkan kota Bratislava dengan Wina, Austria serta kota Budapest di Hungaria.

CEO Hyperloop Transportation Technologies Dirk Ajlborn mengatakan Slowakia merupakan negara dengan banyak area vital yang harus terintegrasi menjadi satu.

"Slowakia adalah pemimpin dalam otomotif, ilmu pengetahuan, dan industri energi, banyak area yang terintegrasi dengan sistem Hyperloop. Dengan adanya sistem tersebut, dapat menghadirkan kolaborasi insentif dan inovasi antara Slowakia dan negara Eropa lainnya," ujar Dirk.

Nantinya, dari kota Bratislava ke Wina dapat ditempuh dalam waktu hanya 8 menit saja. Waktu tersebut lebih cepat jika dibandingkan menggunakan mobil.

Hyperloop memiliki kecepatan supersonik atau setara dengan kecepatan suara dengan jarak tempuh 1.126 kilometer per jam. Diberitakan sebelumnya, Hyperloop saat ini tengah dibangun di Amerika Serikat dan diperkirakan rampung pada 2020. Nantinya, kota New York dapat dicapai dari Washington D.C hanya dalam waktu 30 menit.

Ide tentang transportasi berkecepatan supersonik tersebut muncul dari Elon Musk, pendiri Tesla pada 2013 lalu. Ia menggambarkan bentuk baru dari transportasi dunia yang telah ada, seperti pesawat terbang, mobil, kereta, dan kapal. (nkn/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +