Senin, 29 Feb 2016 13:45 WIB

Pria India Buat Mobil Otonom dari Mobil Termurah Sejagat

Niken Purnamasari - detikOto
Foto: Motoroids Foto: Motoroids
New Delhi - Hingar bingar soal mobil otonom kini merambah ke Asia, khususnya di India. Nama Roshy John kini diperbincangkan setelah ia mengembangkan mobil otonom dari Tata Nano.

Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube, disebutkan, awal mula ia mengembangkan mobil otonom terinspirasi ketika ia menggunakan taksi dari bandara lima tahun lalu.

Saat itu, Roshy merasa lelah setelah terbang, lalu ia melihat bahwa sopir taksi justru lebih mengantuk daripada dirinya. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, Roshy menawarkan kepada si sopir agar ia saja yang mengendarai mobil.

Berangkat dari kejadian tersebut yang menggugah Roshy untuk mengembangkan mobil otonom dari mobil Tata Motors, Nano.

Yang menarik dia memilih Nano bukan semata-mata karena mobil itu mobil paling murah dan buatan India pula. Dia memilih mobil itu karena layout mobilnya. Tata menggunakan mesin yang berada di belakang sehingga dia bisa memasang berbagai sensor di depan mobil.

Pada proyek mobil otonom, ia mengembangkan sistem untuk kendaraan bertransmisi otomatis sedangkan Tata Nano yang digunakan masih menggunakan transmisi manual. Roshy beserta tim akhirnya mencoba untuk mengembangkan dalam bentuk manual gearbox.

Ia bersama tim juga menguji coba sensor tersebut di jalan publik untuk melihat efisiensi dan respons dari sistem otonom yang ia kembangkan. Hasil dari ujicoba, ia melihat setiap kota di India memiliki banyak keunikan dan tantangan tersendiri untuk sebuah mobil otonom.

Merujuk hasil ujicoba, Roshy meningkatkan level pengembangan. Roshy mengklaim bahwa sistem otonom yang dikembangkan dapat tergabung dengan jenis kendaraan lainnya.

(nkn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com