Ayo Ngecek Ban Demi Keselamatan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Kamis, 24 Sep 2015 13:18 WIB
Jakarta - Ban merupakan satu-satunya titik kontak antara kendaraan dengan jalan. Namun, ban seringkali diabaikan oleh pengemudi karena kurangnya pemahaman terhadap pentingnya peranan ban dalam keselamatan berkendara.

Untuk itu, Michelin menjalin kerjasama dengan 1Station mencoba meningkatkan pemahaman dan kesadaran setiap pengendara agar lebih peduli terhadap kondisi ban dan komponen kendaraan yang mereka miliki.

Lewat program “Tunjukkin Safetymu! Ban Aman Anda Nyaman”, di seluruh lokasi 1Station area Jakarta, Serpong dan Bekasi, periode 23 - 27 September 2015, keduanya mencoba mengubah cara pandang masyarakat terhadap pentingnya memahami kondisi kendaraan sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan kegunaan komponen kendaraan.

"Melalui program hasil kerjasama Michelin dengan 1Station ini, pengemudi mobil akan diberikan pemahaman dan edukasi mengenai perawatan ban yang benar, fasilitas gratis pengecekan tekanan dan kondisi ban (spooring & balancing), serta pengisian nitrogen pada ban dengan tekanan yang sesuai rekomendasi pabrikan mobil,” jelas Head of Public Affairs PT Michelin Indonesia, Nora Guitet.

Selain Spooring & Balancing, Michelin dan 1 Station juga memberikan layanan Safety Check, seperti: pengecekan ban, pemeriksaan aki, rem, oli, wiper pada periode waktu yang telah ditentukan. Sementara seluruh pelanggan 1Station yang memiliki stiker pada kendaraan mendapat lima layanan Safety Check tersebut secara gratis tanpa batasan waktu.

Direktur PT Trans Oto Internasional (1Station) Andry Ciu menjelaskan, kampanye keselamatan berkendara ini merupakan bentuk dari komitmen dan tanggung jawab 1Station terhadap pelanggan. Melalui kegiatan ini diharapkan setiap pelanggan akan semakin memahami dan menyadari pentingnya merawat dan mengecek setiap komponen kendaraan secara berkala.

"Keselamatan di jalan raya tidak bisa dikompromikan. Karena itu edukasi mengenai berbagai aspek penting dari komponen kendaraan seperti ban harus dilakukan secara berkelanjutan. 1station akan terus mengambil inisiatif untuk ikut terlibat dalam kampanye keselamatan berkendara. Kami terus mendukung Michelin dalam upaya kampanye keselamatan berkendara, salah satunya pada program hari ini," jelas Andry.

Harry Surjadi, Gubernur Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O) mengatakan, risiko berkendara akan semakin tinggi di masa yang akan datang. Soalnya penjualan mobil dan motor yang semakin besar tidak diimbangi oleh peningkatan infrastruktur jalan raya yang memadai. Selain itu, para pengguna kendaraan cenderung abai terhadap aspek keselamatan berkendara.

"Kami melihat bahwasanya program yang diselenggarakan Michelin dan 1Station merupakan program kampanye keselamatan berkendara yang positif. Hal ini mendorong tumbuhnya kesadaran setiap pengendara akan pentingnya melakukan pengecekan rutin terhadap kendaraan yang mereka miliki," ujarnya

Berdasarkan data Gaikindo selama lima tahun terakhir mulai periode 2009-2014, jumlah kendaraan baru yang terjual mencapai 4.48 juta unit. Sementara hingga periode Januari-Agustus 2015, penjualan roda empat mencapai 671.641 unit.

Nora mengatakan, meningkatnya populasi kendaraan harus didukung dengan pemahaman dan kesadaran yang lebih baik tentang keselamatan berkendara.

“Kami prihatin akan meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup signifikan dari tahun ke tahun. Michelin memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi untuk terus melakukan kampanye keselamatan berkendara bagi masyarakat di Indonesia. Untuk itu, kami akan secara konsisten menjalankan komitmen kami ini,” tutup Nora dalam siaran pers, Kamis (24/9/2015).



(ddn/ddn)