Senin, 27 Jul 2015 12:40 WIB

Mobil Berwarna Apa yang Paling Sering Kena Baret?

M Luthfi Andika - detikOto
Jakarta - Anda termasuk pengemudi yang baik Otolovers? Meski tergolong pengemudi yang baik, apakah Otolovers sering menemukan goresan-goresan atau baret karena beradu dengan mobil lainnya?

Sah-sah saja jika Anda berpikir, mobil dengan warna yang pasaran pasti akan lebih sering terkena goresan. Tetapi ternyata bisa lebih jauh dari itu. Beberapa jenis warna mobil memang lebih sering gampang tergores.

Nah berdasarkan survei yang dilakukan oleh sebuah bengkel perbaikan cat di Inggris ChipsAway, ada 5 warna cat mobil yang paling sering mereka tangani. Warna-warni itu adalah:

5. Merah

Dikatakan warna merah kerap menjadi langganan tukang cat, melakukan pengecatan perbaikan akibat goresan. Merah bukan warna yang favorit di tahun 80an-90an. Tetapi akhir-akhir ini sudah kian populer. Faktanya, setiap tahun 9 persen mobil yang diperbaiki di ChipsAway adalah mobil berwarna merah.

4. Abu-abu

Di Inggris, warna abu-abu menjadi warna ketiga yang populer. Tercatat 14 persen mobil di Inggris memilih warna ini. Di bengkel ChipsAway pun memperkuat data ini. Setiap tahunnya, 14 persen mobil yang diperbaiki di ChipsAwas berwarna abu-abu.

3. Biru

Mobil biru akhir-akhir ini menjadi kurang populer. Pada tahun 2014 kemarin, hanya ada 14 persen mobil baru yang berwarna biru. Tetapi jika soal perbaikan cat, mobil berwarna biru masih sering masuk bengkel. Di ChipsAway, 18 persen mobil yang diperbaiki berwarna biru.

2. Hitam

Warna cat mobil populer kedua di Inggris yaitu hitam, namun semakin populer warna hitam semakin banyak yang juga pengendara yang melakukan perbaikan pada warna cat ini. Di ChipsAway, 21 persen mobil yang diperbaiki berwarna hitam.

Mobil hitam dilaporkan lebih sering mengalami tabrakan dengan mobil lain karena mobil hitam lebih sulit dilihat ketimbang mobil lain yang berwarna terang, terutama di malam hari.

1. Silver

Namun popularis warna hitam masih terkalahkan oleh warna silver. Silver menjadi warna yang paling banyak diperbaiki ChipsAway. Sebanyak 24 persen pengguna mobil berkelir silver kerap melakukan pengecetan ulang.

Namun sebagai catatan warna silver bukanlah warna yang paling favorit di Inggris tahun lalu. Warna putih kini menjadi pilihan utama saat ini di Inggris, tercatat 22,2 persen pemilik baru kendaraan di Inggris memilih warna putih.

Namun tahun lalu hanya ada sekitar 7 persen mobil berwarna putih yang melakukan pengecetan ulang, untuk menghilangkan goresan-goresan pada kendaraannya. Jadi apakah warna putih lebih aman karena gampang dilihat?

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya