Selasa, 26 Mei 2015 08:03 WIB

Mazda CX-3 Sangat Mungkin Masuk Indonesia

Arif Arianto - detikOto
Nusa Dua - Setelah memperkenalkan sosok crossover Mazda CX-3 di Geneva Motor Show 2015 Maret lalu, Mazda Motor Corporation kini bersiap menggelontorkan crossover Mazda CX-3 ke berbagai belahan dunia.

Model ini sangat mungkin masuk Indonesia meningat potensi pasarnya cukup menjanjikan, hanya kapan waktunya Mazda Indonesia belum bisa memastikan.

"Kalau bicara soal kemungkinan, tentu saja sangat mungkin. Karena ada beberapa alasan," tutur Corporate Planning Director PT Mazda Motor Indonesia, Taku Yamafuji, saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Selasa (26/5/2015).

Beberapa alasan itu antara lain potensi pasar Indonesia khususnya segmen crossover dan SUV yang menunjukkan tren perkembangan positif. Kedua, potensi perkembangan pasar otomotif terutama mobil di Indonesia yang masih besar.

"Meskipun saat ini pasar masih stagnan, tapi potensi ke depannya saya rasa akan berkembang. Dengan segala potensi ekonomi yang ada, ekonomi Indonesia juga akan terus tumbuh," paparnya.

Selain itu, karakter crossover juga diminati oleh konsumen Indonesia. Maklum dengan DNA paduan SUV dan sedan atau model lainnya, mobil itu dirasa menjadi pilihan yang pas oleh masyarakat.

Terlebih, tren gaya hidup orang Indonesia yang selalu up date dengan perkembangan baru dengan tren dunia - termasuk dalam hal kendaraan- memungkinkan mobil baru seperti Mazda CX-3 juga diminati.

"Apalagi, filosofi pengembangan model Mazda itu adalah menjadi kendaraan menyatu dengan pengemudi, mengerti dan memberikan keselamatan dan kenyamanan pengemudi. Ini sejalan dengan tren gaya hidup orang dimana pun yang mengutamakan kecanggihan tetapi tetap aman dan nyaman," kata Yamafuji.

Hanya, soal kapan mobil itu diboyong ke Tanah Ir, dia mengaku belum bisa memastikan.

"Kalau ditanya kapan tepatnya kita bawa kemari, sepertinya masih belum bisa disampaikan. Kita belum bisa bicara jadwal pasti di Indonesia mengingat juga (di Indonesia) masih konsentrasi ke model yang saat digenjot penjualannya," ucap Yamafuji.

Menurutnya, semua model Mazda diminati di Indonesia, namun yang terbanyak adalah Mazda2 dengan kontribusi terhadap total penjualan mencapai 45 - 50 persen. Sedangkan model yang berada di urutan kedua diminati adalah Mazda CX-5 yang memberikan kontribusi sebanyak 35 - 40 persen dari total penjualan.

"Target kami, bisa menjual 300 unit per bulan, Mazda CX-5. Kami optimistis penjualan sebanyak itu bisa dicapai, meski di tengah kondisi pasar saat ini," imbuhnya.



(Arif Arianto/Dadan Kuswaraharja)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya