Kamis, 26 Mar 2015 10:32 WIB

Pabrikan India Dekati Perusahaan Perancang Mobil Italia

- detikOto
Mumbai - Pabrikan otomotif asal India, Mahindra & Mahindra dikabarkan tengah bernegosiasi dengan perusahaan perancang mobil kondang asal Italia, Pininfarina SpA. Mahindra berniat membeli mayoritas saham perusahaan yang sering merancang mobil-mobil Ferrari.

Seperti dilansir The Economic Times, Kamis (26/3/2015) juru bicara Pininfarina mengatakan tidak akan mengomentari rumor tersebut. Sebaliknya Mahindra dengan tegas menolak berkomentar atas kabar itu.

Sebelumnya, Reuters India menyatakan telah mendapatkan informasi seputar pembelian saham perancang mobil asal Milan, Italia, itu dari tiga sumber.

Bahkan, salah satu sumber menyebut, proses pembicaraan antar dua perusahaan sudah hampir rampung. Namun dua sumber lain menyebut, pembicaraan masih jauh dari final.

"Akuisisi itu bagus untuk Mahindra, tapi tidak harus, jadi mereka akan sangat hati-hati dalam menilai," tutur sumber itu.

Selama ini, Pininfarina dikenal sebagai perancang sejumlah model supercar dan mobil kelas premium dari pabrikan ternama. Di antara supercar dan mobil mewah lain yang dirancangnya adalah model dari Ferrari, Maserati, Rolls-Royce, serta Cadillac.

Ferrari Sergio by Pininfarina

Alfa Romeo 2uettottanta by Pininfarina
Hingga awal pekan ini nilai kapitalisasi pasar Pininfarina mencapai US$ 135 juta atau sekitar Rp 1,75 triliun. Namun, sejak beberapa tahun lalu, utang perusahaan ini juga menumpuk. Dia diketahui memiliki utang ke bank senilai harga kapitalisasi pasarnya.

Saham Pininfarina sudah dibidik Mahindra sekian lama sejak mereka mengakuisisi Ssangyong tahun 2010 lalu.

(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com