Kamis, 05 Feb 2015 15:00 WIB

Toyota Serahkan 1 Mobil Fortuner untuk Diobok-obok Mahasiswa Undip

- detikOto
Semarang - Toyota Indonesia menyumbang 1 mobil Fortuner untuk digunakan sebagai alat praktik mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang.

Penyerahan ini merupakan bagian dari rangkaian donasi kendaraan utuh kepada Universitas dan Sekolah Menengah Kejuruan yang diawali dengan penyerahan kepada Universitas Indonesia pada bulan September 2014 lalu.

Untuk Undip, Fortuner diserahkan oleh Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono kepada Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P. Hadi.

“Kualitas insinyur lokal sangat penting dalam menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif, terutama dengan integrasi regional dan global seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Menyikapi hal ini, kami berupaya untuk bisa membantu peningkatan kualitas insiyur dengan memperkenalkan teknologi otomotif sebagai salah satu industri yang akan langsung terkena dampak penerapan MEA,” ujar Warih.

Selain Fortuner, Toyota sebelum menyatakan akan mendonasikan 18 unit Toyota Vios kepada beberapa perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Total nilai ekonomis dari donasi ini adalah lebih dari Rp 4 miliar.

Sebelum Undip, Toyota Indonesia telah mendonasikan kendaraan utuh dan komponen kendaraan kepada lebih dari 60 Sekolah Menengah Kejuruan Teknik di seluruh Indonesia.

Selain donasi berupa kendaraan utuh dan komponen kendaraan, Toyota Indonesia juga telah mendonasikan perangkat laboratorium “Lean Production Manufacturing” yang menerapkan sistem produksi Toyota kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium ini digunakan oleh para mahasiswa Fakultas Teknik untuk mempelajari cara merancang fasilitas manufaktur.

Dalam acara yang sama diserahkan beasiswa YTA kepada perwakilan mahasiswa Universitas Diponegoro. Hingga tahun 2014 sekitar 500 mahasiwa Universitas Diponegoro pernah menerima beasiswa YTA. Untuk tahun ajaran ini jumlah penerima adalah sebanyak 15 mahasiswa.

YTA tidak hanya menyalurkan bea siswa tapi juga memberikan bantuan alat praktik seperti mesin-mesin mobil dengan teknologi terbaru kepada sejumlah sekolah keterampilan dan perguruan tinggi agar siswa atau mahasiswa dapat lebih memahami berbagai aspek teknologi
dalam produk industri otomotif untuk mendukung pembangunan SDM Indonesia.

Hingga akhir 2013 lalu, terdapat lebih dari 70.000 siswa SD/SMP/SMA serta lebih dari 17.000 mahasiswa (terutama jurusan teknik) yang telah menerima beasiswa YTA. Para penerima beasiswa YTA itu tersebar di 98 universitas dan lebih dari 500 SD/SMP/SMA/SMK di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu. YTA juga telah menyumbangkan lebih dari 60.000 buku Otomotif, lebih dari 2.000 wallcharts; serta lebih dari 300 engine assy sebagai alat peraga di SMK rumpun otomotif.

Dengan demikian, hingga akhir 2013, secara akumulatif YTA telah memberikan bantuan beasiswa lebih dari Rp 60 miliar. Jumlah itu di luar nilai alat peraga yang disumbangkan.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya