Asoy, Menteri Jokowi Pakai Mercy

- detikOto
Selasa, 09 Sep 2014 11:16 WIB
Jakarta - Pemerintahan baru belum juga dilantik, namun sudah ada mobil-mobil mewah yang menunggu para calon pejabatnya. Mobil-mobil mewah itu dibuat Mercedes-Benz, perusahaan pemenang lelang mobil kementerian.

Lelang mobil kementerian untuk pemerintahan selanjutnya ini sudah selesai pada Agustus lalu. Berdasarkan pengumuman pemenang lelang bernomor Peng-03/PPBJ-PKMPSM/08/2014 yang diterbitkan situs setneg.go.id, pemenang lelang pengadaan itu adalah PT Marcedes-Benz Indonesia.

Mobil ini akan jadi kendaraan dinas menteri, pejabat setingkat menteri, serta mantan presiden dan wakil presiden.

Pengadaan mobil ini dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Penetapan pemenang lelang diputuskan pada 28 Agustus 2014.

Anggaran pengadaan mobil kementerian ini Rp 91,9 miliar. Namun di pengumuman lelang itu tak disebutkan jenis mobil yang akan digunakan, begitu juga dengan harga per satuannya.

Mobil asal pabrikan Jerman ini akan menggantikan Toyota Crown Royal Saloon yang menjadi kendaraan dinas menteri pemerintahan Presiden SBY. Oleh karena belum ada data soal harga per satuannya, harga kedua mobil itu belum bisa dibandingkan.

Selama ini, hanya Presiden SBY dan wapres Boediono yang menggunakan Marcedes Benz. Toyota Crown Royal Saloon hanya digunakan menteri dan pejabat setingkatnya.

Mobil apakah yang menjadi mobil menteri? S-Class kah? S-Class model terbaru memiliki harga sekitar Rp 2 miliar. Kalau melihat dari pagu anggaran sebenarnya masuk.

Salah seorang pejabat di Mercy Indonesia hanya tersenyum ketika detikOto menanyakan hal ini.

(trq/ddn)