Sabtu, 23 Agu 2014 16:22 WIB

Jadi Presiden, Jokowi: Saya Nyaman Pakai Kendaraan Apa Saja

- detikOto
Jakarta - Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) mulai mendapatkan fasilitas dari Sekretariat Negara (Setneg), salah satunya mobil dinas Mercedes Benz anti peluru. Jokowi mengaku dirinya nyaman saja untuk menggunakan kendaraan jenis apapun.

"Saya nyaman pakai apa saja. Mau pakai becak nyaman, pakai bajaj juga nyaman. Pakai Kijang nyaman, pakai Mercy nyaman," kata Jokowi usai menghadiri acara di Hotel Whiiz, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (23/8/2014).

Namun, lanjut Jokowi, sesuai aturan dirinya memang diharuskan menggunakan mobil Mercy tersebut. Karena mobil tersebut sesuai standar keamanan untuk seorang presiden dengan kelengkapan anti peluru dan bahan peledak.

"Itu semua anti peluru. Standarnya harus anti peluru," kata Jokowi.

Sementara, lanjut Jokowi, mobil Toyota Innova yang biasa ia gunakan masih memiliki standar keamanan yang kurang untuk seorang presiden.

"Karena memang pakai Kijang yang biasa saya pakai standar keamanannya jauh. Itu ada standar anti peluru, berat dan lain-lain," katanya.

Jokowi mengatakan, mobil buatan Jerman itu merupakan mobil tahun 2008. Dirinya pun mengaku nyaman menumpangi mobil tersebut.

Jokowi ingin agar pengamanan yang dilakukan terhadap dirinya tidak secara berlebihan. Malah tadi malam setelah melakukan perundingan dengan pihak Paspampres, dari aturan standar 22 mobil iring-iringan, Jokowi hanya meminta 7 mobil.

"Itu yang kita hitung tadi malam. Kurang lebih itu. Tapi memang, saya akan melihat. Ini kan masih nyoba. Tadi malam kita diskusi sampai malam, dari komandan-komandan nggak ada masalah," tambahnya.

(jor/ady)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com