Selasa, 29 Jul 2014 11:10 WIB

Bikin Baterai Mobil Listrik yang Oke, Tesla Gandeng Panasonic?

- detikOto
Jakarta -

Salah satu pilar utama mobil listrik adalah baterai. Karena itu, kehandalan baterai adalah salah satu faktor penopang utama kesuksesan sebuah mobil listrik. Untuk urusan itu, produsen mobil listrik, Tesla, pun bekerjasama dengan Panasonic.

Kehandalan baterai saat ini memang masih menjadi problem utama mobil listrik saat ini. Kapasitas baterai yang belum terlalu besar membuat jarak jelajah menjadi terbatas. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Nah, demi menyongsong era mobil listrik yang sudah di depan mata, Tesla pun menggandeng Panasonic untuk membuatkan mereka baterai listrik yang oke.

Sebagai jawaban, Panasonic pun dikabarkan bersiap untuk menginvestasikan dana hingga 20 miliar yen atau sekitar Rp 2,2 triliun meski menurut laporan yang dilansir Nikkei dan dikutip Reuters pengumuman resmi akan hal itu baru akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Walau berita sudah beredar, juru bicara Tesla masih enggan mengomentarinya. Tapi yang jelas, Tesla memang sudah mempertimbangkan 3 tempat di Amerika Serikat untuk membuat pabrik raksasa yang dijuluki 'Gigafactory.'

Pabrik ini pada tahun 2020 mendatang akan mampu menghasilkan baterai lithium-ion lebih banyak dari yang bisa dihasilkan oleh pabrik di seluruh dunia pada 2013.

Panasonic dikabarkan tertarik untuk ikut ambil bagian dala pabrik bernilai miliaran dolar tersebut. Dari total investasi yang diperkirakan akan senilai US$ 5 miliar, Panasonic dikabarkan akan menyumbang US$ 1 miliar diantaranya.

(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed