Rabu, 25 Jun 2014 12:21 WIB

Toyota Luncurkan Mobil Hidrogen, Harganya di Bawah Rp 1 Miliar

- detikOto
Toyota City - Mobil hidrogen dianggap belum terlalu menguntungkan, namun Toyota memberanikan diri untuk mulai menjual mobil hidrogen. Dan seperti yang mereka umbar beberapa waktu lalu, harganya di bawah Rp 1 miliar di Jepang.

Executive Vice President Toyota Motor Co Mitsuhisa Kato dalam jumpa pers di Toyota City, Jepang menuturkan harga mobil sedan hidrogen Toyota FCV adalah 7 juta yen atau sekitar Rp 824 juta.

Mobil yang sempat diluncurkan di Tokyo Motor Show 2013 itu akan mulai berada di diler Toyota dan Toyopet di beberapa daerah di Jepang sebelum April 2015. Kemudian mobil akan dikirim ke pasar lain seperti Amerika dan Eropa pada musim panas tahun 2015.

Mobil sedan hidrogen yang dirilis Toyota hari ini, sekali tangki hidrogennya terisi maka akan cukup untuk membawa mobil sejauh 700 km. Dan untuk mengisi kembali tangki sampai penuh hanya menghabiskan waktu 3 menit, jadi lebih cepat dibandingkan harus mengisi baterai mobil listrik.

Mobil hidrogen pun sangat ramah lingkungan karena dari sistem pembuangannya hanya mengeluarkan air saja, sebagai hasil reaksi antara hidrogen dan oksigen.

Namun Toyota menyadari, infrastruktur mobil hidrogen saat ini masih kurang, karena itu penjualan mobil ini akan dibatasi di beberapa daerah yang sudah memiliki infrastruktur pengisian hidrogen yang baik yakni seperti di Saitama Prefecture, Chiba Prefecture, Tokyo Metropolis, Kanagawa Prefecture, Yamanashi Prefecture, Aichi Prefecture, Osaka Prefecture, Hyogo Prefecture, Yamaguchi Prefecture, dan Fukuoka Prefecture

"Harga mobil untuk pasar Amerika dan Eropa belum diputuskan," ujarnya.

Toyota sudah mengembangkan mobil sel bahan bakar atau hidrogen sejak 20 tahun yang lalu. Sistem sel bahan bakar Toyota terdiri dari FC Stack, yang menghasilkan tenaga listrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, serta sebuah tangki hidrogen bertekanan tinggi.

Mobil hidrogen mulai mengalami perkembangan pesat di 2002. Tahun itu Toyota mulai menyewakan mobil Toyota FCHV, sebuah SUV.




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com