Rabu, 02 Apr 2014 10:08 WIB

Mobil Honda Bisa Deteksi Lampu Lalu Lintas dari Jauh

- detikOto
dok Honda dok Honda
Utsunomiya - Ternyata bukan hanya Audi yang mengembangkan sistem informasi dalam kendaraan yang bisa mendeteksi lampu lalu lintas di persimpangan, Honda juga tengah mengembangkan sistem yang serupa.

Jika Audi mengembangkan sendiri, maka Honda mengembangkan sistem yang diusung oleh Polisi Jepang yakni Universal Traffic Management Systems (UTMS). Namun kedua sistem ini memiliki kemiripan. Sistem akan memberitahu pengendara apa warna lampu lalu lintas di persimpangan terdekat apakah hijau atau merah.

UTMS menurut Honda di situs resminya akan membuat mobil lebih irit BBM dan lebih aman, serta mengurai kemacetan.

UMTS didesain untuk mendukung cara mengemudi yang smooth pada persimpangan dengan mengetahui kondisi lampu lalu lintas melalui informasi lalu lintas dari sinyal infra merah yang dipasang di jalanan. Infra merah ini juga akan menghitung kecepatan kendaraan di persimpangan jalan.

Ketika sistem mendeteksi kendaraan Honda akan bisa melaju di perempatan karena lampu tengah hijau, maka di dashboard mobil akan muncul berapa kecepatan yang disarankan.

Selama pengendara melajukan kendaraannya pada kecepatan yang disarankan itu, mobil akan langsung melewati perempatan jalan tanpa berhenti.

Di sisi lain jika sistem merasa pengendara harus berhenti karena lampu lalu lintas menyala, maka sistem akan meminta pengendara untuk mengangkat kakinya dari pedal gas.

Dengan mengikuti saran dari sistem ini, maka pengendara akan bisa memulai proses menghentikan laju kendaraan lebih awal. Sementara itu saat menunggu lampu lalu lintas kembali hijau, di dashboard sistem akan memunculkan berapa lama lagi waktu yang diperlukan bagi lampu lalu lintas untuk menyala hijau.

Jadi sistem akan mengurangi akselerasi dan pengurangan kecepatan secara tepat, hasilnya disinyalir bisa mengurangi angka kecelakaan di perempatan dan juga mengirit bensin.

Honda akan mendemonstrasikan sistem ini di 5 rute di kota Utsunomiya, Jepang mulai bulan April ini dengan melibatkan sekitar 100 kendaraan. 100 kendaraan rata-rata dipakai untuk perjalanan komuter.





(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com