Rabu, 29 Jan 2014 22:00 WIB

Bridgestone MPV Bikin Mobil Irit BBM?

- detikOto
Karawang - ECOPIA MPV-1 resmi diperkenalkan Bridgestone sebagai ban khusus MPV di Indonesia. Dan dipastikan ban khusus MPV kali ini lebih irit hingga 3 persen dibandingkan generasi sebelumnya ECOPIA EP150.

"Ban ECOPIA MPV-1 lebih irit hingga 3 persen dibandingkan dengan ECOPIA EP150," kata Assistant Sales & Marketing Director, Frankie Paduli, PT Bridgestone Tire Indonesia, di Provind Ground Bridgestone, Karawang, Jabar.

"Tapi ini didukung berbagai medan (kondisi di jalanan), dan bagaimana cara berkendara si pengendara," tambahnya.

Frankie menambahkan, lebih iritnya ECOPIA MPV-1 juga didukung dengan desain terbaik yang diusung.

"Dan lebih iritnya penggunaan BBM didukung dengan desain terbaik, yang membuat ban bisa mendapatkan Rolling Resistance (bisa berguling atau melaju dengan lebih baik," katanya.

"Dan ini yang membuat ECOPIA MPV-1 bisa membantu mengurangi konsumsi bahan bakar," tutupnya.

Seperti diketahui bersama, ECOPIA MPV-1 menerapkan pola Asitmetris Pattern pada ban-nya dengan dua sisi pola yang berbeda pada sisi dalam dan sisi luar ban.

Pada sisi dalam ECOPIA MPV-1 digunakan slot type grove dimana area pundak ban diciptakan untuk mencegah keausan tidak rata dan ayunan berlebih, pada saat mobil diisi penuh dengan penumpang dan barang.

Disisi luar, out side shoulder atau pundak ban dibuat lebih besar untuk memberikan kestabilan berkendara. Sehingga desain telapak Asymmetric Pattern mampu memberikan kestabilan dan umur yang lebih panjang, dengan tampilan yang lebih ekslusif.

Dan ECOPIA MPV-1 diklaim mampu menghasilkan tingkat emisi gas karbon dioksida yang rendah dan memberikan kontribusi untuk lingkungan hidup yang lebih hijau (lebih irit penggunaan BBM).

Soalnya ECOPIA MPV-1 ini memiliki desain dan konstruksi terbaik sehingga dapat mengurangi hambatan gulir, dimana ini bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mempengaruhi performa dan keselamatan.

Seperti pengendalian kendaraan saat kondisi kering dan basah, stabilitas, pengereman yang responsif, serta tingkat kebisingan ban.

Seperti pada bagian High Stiffness Shulder Block, didesain secara khusus untuk mencegah keausan tidak rata dan ayunan pada saat muatan penuh.

Selain itu Asymetric Eco Shape juga berhasil menggabungkan straight stability dengan Reduce Rolling Resistance (RRC), yang juga ikut memperbaiki kestabilan pada jalan yang tidak rata dan memberikan RRC yang lebih rendah sehingga lebih hemat BBM.

(lth/ikh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com