Sabtu, 10 Nov 2012 09:58 WIB

Mobil Esemka Meluncur Hari Ini

- detikOto
Esemka Esemka
Jakarta - Menyambut Hari Pahlawan, mobil buatan anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meluncur hari ini. Esemka akan meluncurkan tipe terbaru dari varian Esemka Rajawali dan Bima mulai tanggal 10,11,dan 12 November dalam acara yang bertajuk Gelar Karya Putra Indonesia.

Seperti diberitakan detikOto sebelumnya, Solo akan menjadi tempat peluncuran 2 tipe mobil Esemka yakni Esemka Rajawali dan Bima.

Namun sayang, duta Esemka yakni Joko Widodo yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta tidak bisa hadir. Jokowi menuturkan Esemka kini sudah menjadi tanggung jawab dari PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai produsen Esemka.

"Gini loh dulu ini kan memang menjadi tanggungjawabnya Pemkot Solo tapi sekarang sudah masuk ke dunia bisnis. Maka sudah jadi tanggungjawabnya PT Solo Manufaktur Kreasi," kata Jokowi.

Mobil yang disebut-sebut sebagai mobil kebanggaan Indonesia ini kabarnya akan dijual sekitar Rp 140-150 juta. Ini memang lebih mahal dari apa yang diomongkan Walikota Solo di bulan Januari 2012 yakni Joko Widodo yang menyebutkan harga Esemka mencapai Rp 95 jutaan.


Jokowi rencananya akan memakai Esemka jadi mobil dinas Gubernur DKI. Saat menjadi Walikota Solo, Jokowi sudah menggunakan Esemka untuk mobil dinasnya meski belum lulus uji emisi. Kini, mobil Esemka diketahui telah mendapatkan Sertifikat Registrasi Uji Tipe Kendaraan Bermotor Nomor SK 3896/AJ.402/DRJD/2012, tanggal 18 Oktober 2012 lalu.

Mobil Esemka diperkuat dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1500 cc dengan teknologi multi point injection rakitan 2011. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 hp pada putaran 5.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 145 Nm di 4.100 rpm.

Mobil ini mampu menampung 7 orang karena mempunyai panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm, sehinga mobil tersebut tergolong handal untuk keluarga Indonesia. Apalagi mobil tersebut masih bisa mengkonsumsi bahan bakar bensin (RON 88) atau premium dengan kapasitas tangki 75 liter.

Hebatnya Esemka sudah tersemat fitur elektronik mirip SUV premium lainnya, misalnya power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parkir, dan CD player. Sementara itu ATPM selaku penjual dan distribusi Esemka akan dipegang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com