Selasa, 18 Sep 2012 16:16 WIB

Ngetweet, Baca Buku Sambil di Belakang Setir? Ah Bisa Saja

- detikOto
dok Volvo
Monako - Membaca buku sambil berada di balik kemudi seperti foto di atas saat ini pasti berbahaya, tapi di masa depan hal itu bisa terjadi. Berkat teknologi autonomous driving yang dikembangkan Volvo.

Volvo dalam siaran persnya akhirnya menyelesaikan proyek prestisius Sartre (Safe Road Trains for the Environment). Dengan teknologi ini kaum muda ataupun mereka yang tidak ingin ribet di belakang setir bisa terbantu. Soalnya teknologi ini membuat mobil bisa berjalan sendiri.

"Kaum muda melihat mobil secara berbeda. Ketika kita (orangtua) merasa kalau kursi pengemudi itu sebagai simbol dari kebebasan dan mobilitas, mereka (kaum muda) merasa itu satu-satunya tempat dimana mereka tidak bisa terhubung. Dan banyak diantara mereka yang berpikir konektivitas lebih penting daripada memiliki sebuah SIM dan mobil," ujar CEO Volvo Stefan Jacoby.

Volvo ke depan akan membuat mobil yang bisa melakukan koneksi dengan media sosial, jadi pengemudi tidak terlalu fokus dengan menyetir.

"Secara pribadi saya yakin, mayoritas pembeli mobil di masa depan tidak akan bermimpi membeli mobil tanpa kemampuan bisa berjalan sendiri (autonomous driving)," ujarnya.

Sartre sendiri sudah diuji coba sejak awal tahun 2009 ini. Ada 3 mobil Volvo yang dipandu oleh truk di depan dengan kecepatan konstan di 90 km/jam. Mobil-mobil itu bisa melaju sendiri tanpa perlu ada campur tangan pengendara.

Untuk membuat mobil-mobil itu bisa melaju sendiri, Volvo menanamkan kamera, radar, teknologi laser yang dimanfaatkan dalam fitur-fitur Adaptive Cruise Control, City Safety, Lane Keeping Aid, Blind Sport Information System dan Park Assist Pilot.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com