Senin, 27 Feb 2012 12:46 WIB

Dituding Mirip CR-V dan Mobil China, Ini Jawaban Esemka

- detikOto
Jakarta - Jika Anda melihat Esemka, sekilas pandangan mata Anda tertuju pada lampunya yang mirip Honda CR-V. Esemka pun disebut-sebut sebagai mobil China karena kemiripan dengan mobil keluaran Foday. Lalau apa jawaban Esemka?

"Ini kita kan uji emisi lolos, baru kita bicara itu, kita patenkan part per par, patenkan brandnya, logonya semua, kita bicara itu sesudah lulus emisi," ujar Brand Ambassador Esemka yang juga Walikota Surakarta Joko Widodo di Jakarta.

Wakil Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo yang mendampingi Jokowi menambahkan lampu Esemka berbeda dengan lampu CR-V.

"Dudukannya beda, itu boleh saja, saya mau mirip punyanya Mercy boleh, tapi ketika diambil fotonya beda, dudukannya beda, bodinya beda. Artinya bodi beda, kalau itu kita plek sama dengan CR-V maka lampunya menyebar, tidak fokus," ujarnya.

"Paten itu tentunya ada uji sertifkasi dari part yang ada disitu. Oh jarak lampu sekian meter, itu sudah terukur semua, dan lampu ini sudah kita cek betul, dengan dudukan yang jaraknya semakin sempit, lampunya makin fokus. Enggak bisa dibilang sama dengan CR-V," ujarnya.

Rudy menuturkan dalam paten setidaknya harus ada 11 perbedaan, dan Esemka sudah memenuhi itu.

Mengenai kemiripian dengan mobil China Foday, Anggota DPR Roy Suryo menuturkan, kemiripan itu memang ada pada Esemka generasi kedua. "Itu dengan generasi sebelumnya, dengan generasi kedua itu memang mirip sekali. Ini sekarang sudah lain, ini generasi ketiga," ujarnya.






(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed