Senin, 27 Feb 2012 09:06 WIB

Ini Dia Tahapan Uji Emisi Esemka

- detikOto
Serpong - Esemka tengah memasuki berbagai pengujian emisi yang bisa membawa dirinya melaju di jalanan Indonesia. Lalu apa saja ujian yang akan ditempuh Esemka?

"Ada dua tipe pengujian yang pertama pengujian trial dan approval. Kalau trial itu hanya uji coba biasa, tapi kalau approval itu pengujian agar kendaraan bisa dipasarkan. Dan pengujian approval biasanya harus dihadiri oleh perwakilan Departemen Perhubungan Darat 1 orang dari pusat dan 2 orang dari Balai Perhubungan Darat. Mereka yang mengesahkan," kata Anis Sukmono Test Enginering BPPT di Serpong, Tangerang, Senin (27/2/2012).

Pengujian Esemka sendiri pukul 09.00 WIB sudah dimulai. Tim penguji emisi terdiri dari Tim Balai Termodinamika Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang terdiri 5 orang yang masing-masing berada pada ruang Pengujian, Ruang Kontrol, dan Analisa Gas Buang.

Nah ini dia langkah-langkah yang harus ditempuh Esemka.

1. Esemka masuk
2. Esemka harus melakukan Pre conditioning atau pendinginan selama 6-8 jam. Hal ini demi pengujian emisi Euro2. Pendinginan ini juga dibantu blower. Dan hal ini juga berfungsi untuk menurunkan suhu temperatur oli dan mesin turun 6jam.

3. Setelah itu Esemka melakukan Main Test yang berlangsung 19 menit 40 detik atau 1.180 detik.

Pada pengujian ini Esemka dipasang di atas roller, Sasis pada dinamo meter. Dimana kendaraan akan dihitung berdasarkan berat kosong. Setelah itu ada pengujian tes driver secara siklus dalam kota dan luar kota dengan ekstra urban(Sistem komputerisasi).

4. Hasil Uji Emisi
Dimana Ambang batas:
- berapa Berat kendaraan
- berapa Jumlah kursi (kapasitas penumpang)
- berapa CO2 yang dihasilkan
- bahan bakar apa yang digunakan juga jadi perhitungan.

5. Setelah mendapatkan hasil pengujian Approval Dirjen Perhubungan darat yang memberikan izin dan sertifikat kepada kendaraan tertentu.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com