Jumat, 25 Nov 2011 17:43 WIB

Pakai i-ELOOP, Mobil Mazda Lebih Irit BBM 10%

- detikOto
Tokyo - Inovasi agar mobil menjadi irit BBM berlanjut. Mazda telah mengembangkan satu cara agar konsumsi BBM bisa lebih irit sampai 10 persen.

Seperti dilansir situs resmi Mazda, Jumat (25/11/2011), Mazda mengenalkan sistem baru yang pintar yang dinamai i-ELOOP. Fitur ini akan mulai dipasang di mobil Mazda mulai tahun depan.

Intinya fitur ini menggunakan kapasitor untuk menangkap energi yang hilang selama mobil mengerem. Mazda pun mengklaimnya sebagai yang pertama di dunia. Biasanya untuk menangkap energi dari pengereman ini digunakan baterai.

Kapasitornya itu bisa terisi penuh menangkap energi kinetik dalam hitungan detik selama pengereman. Kapasitor juga melepaskan energi lebih cepat dibanding baterai konvensional. Keuntungan lainnya, menutur Mazda, kapasitor lebih tahan.


i-Eloop sebenarnya merupakan singkatan dari "Intelligent Energy Loop". Fitur ini nantinya akan bekerja sama dengan fitur i-stop, fitur idling stop di Mazda.

Dengan sistem pengereman baru ini, bisa meningkatkan efisiensi kendaraan sampai 5 persen. Namun jika digunakan di dunia nyata dimana rem sering dilakukan, AC nyala, dan alat elektronik lain menyala efisiensi kendaraan bisa mencapai 10 persen.

Tidak seperti pabrikan Jepang lainnya, Mazda merupakan produsen mobil yang memilih jalan lain untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan. Pabrikan Jepang lainnya sibuk dengan mobil listrik dan hybrid, Mazda memilih mengembangkan mesin-mesin diesel dan bensin yang lebih irit.



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com