Selasa, 01 Nov 2011 18:58 WIB

Penjualan Honda Indonesia Turun di Oktober

- detikOto
Jakarta - Dampak banjir yang terjadi di Thailand langsung dirasakan Honda di Indonesia. Penjualan Honda pada bulan Oktober pun mengalami penurunan signifikan akibat minimnya pasokan mobil dan komponen dari Thailand.

Seperti diketahui, pada bulan September lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil melepas 4.887 unit mobil di Indonesia. Namun di bulan Oktober angka penjualan Honda tidak sampai kesana karena hanya mampu melepas 4.024 unit saja.

Meski begitu New Honda Jazz masih berhasil mencapai angka penjualan yang cukup tinggi pada bulan Oktober 2011 yakni sebesar 2.317 unit, meningkat 58 persen dibanding penjualan pada bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 2.128 unit.

Bila dilihat angka penjualan selama tahun 2011 ini maka Honda Jazz telah berhasil mencetak angka penjualan sebesar 18.012 unit di seluruh Indonesia.

Selain mengalami peningkatan penjualan, Honda Jazz juga sekaligus memberikan kontribusi terbesar terhadap total penjualan Honda pada bulan Oktober 2011, yang mencapai 4.024 unit. Secara total, Honda telah mencatat angka penjualan sebanyak 40.318 unit di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011.

Sementara itu, New Honda CR-V berhasil terjual sebanyak 709 unit di bulan Oktober untuk menggenapi penjualan total sebanyak 9.828 unit selama tahun ini.

Dari segmen MPV, New Honda Freed terjual sebanyak 778 unit. Dengan demikian New Honda Freed telah terjual sebanyak 8.118 unit di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2011.

Sementara MPV premium, All New Honda Odyssey mencatat penjualan sebanyak 171 unit selama tahun 2011. Untuk bulan Oktober sendiri, All New Honda Odyssey terjual 1 unit.

Dari segmen sedan, Honda City, Civic dan Honda Accord terlihat mengalami hambatan pasokan dari Thailand. Honda Accord hanya berhasil terjual sebanyak 95 unit pada bulan Oktober. Dengan demikian, All New Full Size Honda Accord telah terjual sebanyak 1.108 unit hingga bulan Oktober lalu.

Sedangkan New Honda Civic terjual sebanyak 124 unit. Total penjualan New Honda Civic sepanjang tahun 2011 telah mencapai 1.025 unit.

Dan dampak banjir yang paling besar dirasakan oleh New Honda City pada bulan Oktober sama sekali tidak tersalurkan akibat terhambat oleh ketiadaan pasokan karena bencana banjir di Thailand.

Sampai bulan Oktober sendiri, New Honda City telah meraih penjualan sebanyak 1.635 unit di seluruh Indonesia selama tahun 2011.

“Model-model seperti Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed kembali memberikan kontribusi yang signifikan bagi penjualan Honda secara total. Meskipun demikian, terganggunya pasokan komponen dan CBU akibat banjir di Thailand memberikan dampak terhadap penjualan Honda di bulan Oktober," ungkap Marketing & Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy dalam keterangan resmi yang detikOto dapatkan, Selasa (1/11/2011).

"Kami berharap dampak banjir dari Thailand bisa diatasi dalam waktu secepatnya sehingga kami bisa memenuhi permintaan dari konsumen di Indonesia,“ tuntasnya.




(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed