Kamis, 15 Sep 2011 13:10 WIB

Nokia Car Mode, Ketika Mobil & Ponsel Menyatu

- detikOto
Frankfurt - Nokia mengumumkan teknologi terbarunya, Nokia Car Mode, yang merupakan aplikasi untuk penggunaan smartphone Nokia di dalam mobil. Layanan ini pun diharapkan dapat meredam segala macam gangguan bagi pengendara.

Dengan Nokia Car Mode, setelah ponsel terkoneksi dengan head unit. Anda tidak perlu lagi menyentuh ponsel Anda.

Sehingga gangguan dari ponsel bisa dikurangi. Hal ini terjadi karena Nokia Car Mode dikatakan memiliki halaman antarmuka yang mempermudah akses dan penggunaan fitur Nokia Drive (navigasi petunjuk jalan pada Nokia Maps dengan bantuan suara), berita terbaru mengenai lalu lintas, pemasang musik dan panggilan suara pada saat mengemudi.





Layanan yang baru dipamerkan di konferensi IAA (Internationale Automobil Ausstellung) Frankfurt Motor Show ini dikembangkan dengan basis QT dan dapat diunduh melalui Nokia Ovi Store pada Q4 2011 untuk smartphone Nokia dengan system operasi Symbian Belle, seperti Nokia 600, Nokia 700, Nokia 701 dan tentunya Nokia N9.

Nokia Car Mode juga diklaim sebagai solusi komersial pertama yang mendukung layanan MirrorLink, yang sebelumnya dikenal dengan nama Terminal Mode. MirrorLink merupakan platform yang menghubungkan smartphone dengan mobil, didukung oleh lebih dari 20 merek global ternama dari berbagai industri yang tergabung dalam Car Connectivity Consortium (CCC).

Dengan adanya MirrorLink, smartphone dapat terhubung dengan mudah pada sistem visual mobil, sistem control dan audio. Sehingga konsumen dapat mengontrol smartphone mereka melalui head unit mobil, seakan-akan ponsel dan aplikasinya terintegrasi pada mobil tersebut.

Selain Nokia Car Mode, ada juga Alpine ICS X-8 terbaru. Yaitu unit yang dapat dipasang dan digunakan pada dashboard mobil yang mendukung layanan MirrorLink dan ponsel dengan Bluetooth hands-free.

Jadi pada saat smartphone Nokia tersambungkan dengan Alpine ICS-X8, pengguna akan dapat menggunakan aplikasi smartphone dengan aman dan nyaman melalui layar sebesar 7 inci ICS-X8 dengan resolusi tinggi.

"Pergerakan besar dari MirrorLink dan Nokia Car Mode memungkinkan pengendara mobil untuk mengakses layanan favorit mereka pada smartphone," ujar Floris van de Klarshorst, Direktur Pelayanan Otomotif dari Nokia's Location & Commerce.

"Ini hanyalah permulaan dimana apa yang dapat kami lakukan adalah menghubungkan perangkat pintar dengan kendaraan. Kami mengharapkan para pengembang dapat terus berinovasi untuk menghadirkan aplikasi baru yang dapat memaksimalkan penggunaan perangkat pada saat berada di mobil," imbuhnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2011).

Thilo Koslowski, Vice President dan Practice Leader di Gartner menambahkan, akses yang aman dan mudah pada aplikasi internet smartphone merupakan hal penting dalam mempercepat evolusi teknologi perangkat yang terhubung dengan kendaraan.

"Solusi dari integrasi smartphone dengan kendaraan yang terstandarisasi memungkinkan perusahaan otomotif untuk menyederhanakan penawaran layanan perangkat yang tersambung dengan kendaraan dan berfokus pada memperluas gaya hidup konsumen yang dapat terhubungkan dengan kendaraan," pungkasnya.


(ash/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com