Bamsoet Dorong Komunitas Motor Sukseskan Touring Sambil Promosi Wisata

ADVERTISEMENT

Bamsoet Dorong Komunitas Motor Sukseskan Touring Sambil Promosi Wisata

Hanifa Widyas - detikOto
Selasa, 14 Jun 2022 21:40 WIB
IMI
Foto: IMI
Jakarta -

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung agar Bikers World Indonesia turut berpartisipasi dalam 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 pada 18 Juli-2 Agustus 2022. Event internasional yang diselenggarakan oleh IMI ini berada di bawah pimpinan Joel Mastana dan Wakil Ketua Umum Bidang Mobility Rifat Sungkar.

Jumlah peserta mulanya ditargetkan sebanyak 50 motor besar yang kemudian bertambah menjadi lebih dari 80 motor besar. Di samping itu, persiapan IMI untuk menggelar event internasional Jambore Bikers ASEAN 2023 di Indonesia setelah sukses menyelenggarakan 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 dapat didukung oleh keterlibatan Bikers World Indonesia.

Rencananya, komunitas motor dari berbagai negara ASEAN, khususnya negara yang dilalui selama 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022, akan didatangkan di acara Jambore Bikers ASEAN 2023. Mereka akan diajak menikmati berbagai pesona keindahan alam Indonesia dimulai dari Raja Ampat di Papua, kemudian menuju Labuan Bajo di NTT, lanjut ke Mandalika di NTB, setelah itu berakhir di Gunung Batur Kintamani di Bali.

"Jika memungkinkan, eksplorasi bisa dilanjutkan menuju Gunung Bromo di Jawa Timur dan finish di Borobudur di Jawa Tengah. Pembahasan lebih lanjut tentang rencana jambore ini akan dimatangkan setelah event 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 sukses terlaksana," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (14/6/22).

Bamsoet menjelaskan penyelenggaraan event internasional 2nd Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 berada di bawah koordinasi Wakil Ketua Umum Mobilitas IMI Pusat Rifat Sungkar dibantu Direktur Mobilitas Sepeda Motor IMI Pusat Joel D. Mastana. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis yang telah sukses diselenggarakan IMI pada tahun 2019 lalu.

"Menjadi sarana turing diplomasi yang efektif dalam menduniakan Indonesia melalui otomotif. Dengan misi mempromosikan pariwisata Indonesia, mempromosikan dan menggunakan produk otomotif UMKM Indonesia ke internasional, menjalin silaturahmi dengan komunitas sepeda motor internasional, serta melakukan kampanye keselamatan berkendara dan berlalu lintas sepeda motor berkelompok internasional," jelas Bamsoet.

Ia menerangkan para peserta akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan dari KBRI di masing-masing negara yang dilalui selama touring berlangsung, seperti Wonderful Indonesia Cultural Night hingga melakukan bakti sosial.

"Termasuk promosi seni, budaya, destinasi wisata, hingga produk koperasi dan UKM Indonesia melalui interaksi antara bikers Indonesia dengan komunitas motor di berbagai negara yang dilalui. Sebuah terobosan diplomasi yang out of the box untuk meningkatkan people-to-people contact di kawasan ASEAN," pungkas Bamsoet.

Turut hadir dalam kesempatan itu jajaran Bikers World Indonesia, antara lain Founder Nata Widhagdo, Co Founder Muhammad Yunus, Wakil Ketua Jonathan Saragih, Sekretaris Riris, serta Ketua Bidang Marketing Yuwantara.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT