Rampung! 3 Rider Komunitas M8 Nusantara Selesai Keliling Indonesia

ADVERTISEMENT

Rampung! 3 Rider Komunitas M8 Nusantara Selesai Keliling Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 09:42 WIB
Komunitas M8 Nusantara keliling Indonesia
Komunitas M8 Nusantara keliling Indonesia (Komunitas M8 Nusantara)
Jakarta -

Perjalanan 3 rider komunitas M8 Nusantara touring keliling Indonesia akhirnya menemui titik akhir. Perjalanan yang dimulai dari Bekasi Jawa Barat pada 14 Agustus 2021 hingga 12 Maret 2022 yang dilakoni oleh Vincent Soetedja, Efi Juwita, dan Harun Hefli, dalam tajuk Identitas Indonesia selesai dengan membawa segudang cerita terbaik dari tanah nusantara.

Dalam rilis yang diterima detikOto, perjalanan panjang keliling Indonesia dengan sepeda motor dengan mengusung misi merekam budaya, sejarah, adat-istiadat, bahasa daerah dan keberagaman suku di berbagai penjuru Indonesia akhirnya selesai.

"Selama perjalanan, kami tidak menemui kendala yang berarti baik dari sisi keamanan, cuaca, logistik maupun kendala teknis untuk sepeda motor. Persiapan yang detil dan fleksibilitas dalam menyikapi dinamika lapangan adalah kuncinya," kata Vincent.

Perjalanan keliling Indonesia yang dilakukan komunitas M8 Nusantara kali ini terbagi menjadi 5 Etape, diantaranya Etape 1 dengan melintasi pulau Jawa, Bali, NTB dan NTT. Etape 2 melalui mengelilingi pulau Sulawesi. Etape 3 Papua, Maluku dan Maluku Utara. Etape 4 mengelilingi pulau Kalimantan dan Etape ke-5 mengelilingi pulau Sumatera.

Perjalanan keliling Indonesia kali ini dinilai menjadi satu perjalanan yang tak terlupakan. "Perjalanan ini membuka mata bahwa Indonesia sebagai suatu negara dan bangsa, terlalu besar untuk direpresentasikan hanya melalui pelajaran di sekolah, atau sekedar melalui media sosial," ujar Efi Juwita.

"Indonesia adalah satu-satunya negara di bumi ini dengan bentang alam sedemikian luas dan indah, belasan ribu pulau, jumlah suku dan Bahasa daerah yang sangat banyak, adat budaya yang sangat kaya, menggambarkan Bhinneka Tunggal Ika yang sungguh hidup di negeri ini," Efi menambahkan.

Komunitas M8 Nusantara memasuki etape kedua keliling Indonesia.Komunitas M8 Nusantara memasuki etape kedua keliling Indonesia. Foto: Komunitas M8 Nusantara

Efi menambahkan terdapat kesamaan nilai yang dipegang oleh berbagai suku yang berhasil ditemui oleh M8 Nusantara. Penghormatan kepada orang tua adalah nilai yang masih kuat dipegang di seluruh Nusantara. Gotong royong menjadi perekat dan merupakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.

"Yang tidak kalah penting adalah nilai musyawarah untuk mencapai mufakat yang masih terus diterapkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dalam kehidupan. Dukungan dan keramahan masyarakat lokal selalu menjadi warna tersendiri yang ada dari Sabang sampai Merauke," kata Efi.

"Seperti di Gorontalo, kami belajar filosofi yang mengedepankan kemandirian dalam membangun daerah dari Sultan Bubohu Bongo (alm), yaitu Yosep Tahir Ma'ruf. Dikatakan beliau 'Sebelum kamu membangun untuk bangsamu, bangunlah lingkungan di sekitarmu terlebih dahulu' menjadi kata yang sangat bermakna bagi kita semua," tambah Efi Juwita.

Dalam perjalanan kali ini ketiga rider ini pun sepakat, budaya dan adat akan terus mengalami transformasi sejalan dengan perkembangan zaman. Banyak sekali ditemui anak-anak muda dari kalangan milenial yang melakukan modernisasi budaya dengan tetap menjaga nilai-nilai esensi dari budaya tersebut. Tidak hanya berhenti di situ, dalam perjalanan ini M8 Nusantara juga berupaya membagikan cerita tentang negeri ini kepada anak anak SD, SMP, dan SMA di berbagai sekolah.

Komunitas M8 Nusantara keliling IndonesiaKomunitas M8 Nusantara keliling Indonesia Foto: dok.Komunitas M8 Nusantara

Perjalanan dengan menempuh jarak lebih dari 16.000 km sepeda motor motor yang sama yakni Triumph Tiger 900 rally yang ditunggangi Vincent Soetedja, Efi Juwita dengan Ducati Scrambler 800, dan Harun Hefli dengan Yamaha MT25 dapat diselesaikan tanpa hambatan yang berarti. Lima pulau besar dan kepulauan besar telah disambangi, serta banyak sekali diskusi tentang wawasan kebangsaan dan budaya dengan masyarakat di berbagai tempat.

M8 Nusantara mengucapkan terima kasih yang tak terhingga untuk dukungan semua pihak yang telah membuka pintu, memberi arahan, dan berbagi informasi tentang keunikan suku dan budaya di daerahnya masing-masing, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di berbagai provinsi, Balai Arkeologi, Pengelola museum, ratusan tokoh masyarakat, para bikers 1000 Tikungan di Flores dan Timor, para bikers di Sulawesi, masyarakat di Kalimantan Timur, Bapak Akhmad Lamo yang menulis lagu "Kita Indonesia, Kita Luar Biasa", dan masih banyak lagi. Mari kita kenali dan cintai negeri kita ini. Ayo keliling Indonesia, karena Kita Indonesia, Kita Luar Biasa.



Simak Video "Jelajah Kebaikan: Jelajah Tegal (Day 1 & 2)"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT