Jumat, 30 Agu 2019 12:15 WIB

Mengintip Anak Moge Dilatih Safety Riding oleh Polisi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter Foto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter
Jakarta - Mengemudi kendaraan bermotor harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik agar lebih aman di jalan raya. Menggunakan motor pun harus dibekali ilmu safety riding.

Apalagi untuk motor gede (moge) yang memiliki bobot sangat berat. Mengendarai moge tak sama dengan mengemudi 'motor kecil'. Menggendong mesin besar, bobot yang juga berat hingga dimensi besar membuat pengendara moge harus ekstra hati-hati. Makanya bikers moge harus dibekali ilmu safety riding.

Untuk mengasah keterampilan bawa moge, Harley Owners Group (HOG) Anak Elang Jakarta Chapter berlatih safety riding di Markas Besar Pusat Polisi Militer Angkatan Laut di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sekitar 80 orang biker anggota HOG Anak Elang Jakarta Chapter mengikuti kegiatan "Safety Riding Course 2019".



Biar bagaimanapun keterampilan dalam berkendara itu perlu, terutama untuk pemula. Walau mungkin sudah sering berkendara dengan motor lain, dengan Harley-Davidson ada sedikit perbedaan karakter. Misalnya dari bobot sudah pasti beda. Sedangkan untuk biker yang senior, ini juga penting untuk meningkatkan keterampilannya. Walau sudah sering touring, namun dalam sisi skill serta pengetahuan tentang safety perlu update atau disegarkan. Di sini termasuk ada pelajaran tentang peraturan lalu lintas," kata Suherli, Director HOG Anak Elang Jakarta Chapter, dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Mengintip Anak Moge Dilatih Safety Riding oleh PolisiFoto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter


Tak tanggung-tanggung, pelatih Safety Riding Course ini datang dari Denwal Korlantas Polri. Instruktur Safety Riding Course 2019 ini adalah Denwal Korlantas Polri yang dipimpin Ipda Wahyu Martono.

"Kita berkendara ingin aman, nyaman dan selamat, sehingga safety riding amat penting dan wajib," tegasnya.



Bikers moge ini dilatih secara teori dan praktik. Bikers juga diajarkan etika berkendara dan menaati aturan lalu lintas.

"Kegiatan Ini dimulai dengan kelas, sehingga peserta akan tahu teknik dan aturan yang benar. Ingat, kita yang mengendalikan motor, jangan motor yang mengendalikan kita," ucap Wahyu.

Mengintip Anak Moge Dilatih Safety Riding oleh PolisiFoto: Dok. Eki Razaki/HOG Anak Elang Jakarta Chapter


Kolonel Laut (S) Fares Prasetya yang turut hadir dalam kegiatan Safety Riding Course tersebut pun mendukung kegiatan ini. "Hal yang mendasar dan perlu bagi seorang biker terutama di motor besar adalah safety riding karena dari situ dapat belajar awal bagaimana mengendarai dengan baik dan benar sehingga kita mengurangi terjadinya kecelakaan di jalan baik bagi diri sendiri maupun orang lain," kata pria yang juga menikmati hobi mengendarai motor besar ini.

Simak Video "Komunitas Kalajengking, Bandung "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com