Selasa, 01 Mei 2018 16:58 WIB

Komunitas Motor Ikut Kawal May Day 2018

Ruly Kurniawan - detikOto
Komunitas Motor Ikut Kawal May Day 2018 Foto: Ruly Kurniawan Komunitas Motor Ikut Kawal May Day 2018 Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Beberapa komunitas sepeda motor terlihat ikut menyuarakan aspirasinya pada hari buruh di Jakarta. Karena menurut beberapa komunitas ini, komunitas motor itu tidak hanya soal touring dan senang-senang saja.



Salah satu komunitas yang hadir disana adalah Honda Owners Club. Melalui Ketua Umumnya, Mustofa, dirinya mengungkapkan bahwa komunitas hanyalah identitas belaka. Namun di dalamnya tetap saja seorang buruh.

Komunitas Motor Ikut Kawal May Day 2018Komunitas Motor Ikut Kawal May Day 2018 Foto: Ruly Kurniawan


"Kita kan memang buruh, tapi kebetulan identitas tambahan kita adalah anak komunitas," ujar pria yang akrab disapa Masmus ini saat berbincang bersama detikOto di Jakarta, Selasa (1/5/2018).



Dengan begitu, sudah seharusnya meskipun tergabung dalam komunitas, mereka merasa harus ikut berkontribusi dalam menyuarakan suara seorang buruh adalah hal yang diharuskan. Lagipula, dengan mengikuti aksi tersebut akan ada hal lain yang bisa didapatkan.

"Kalau cuma touring dan senang-senang kan tidak ada yang kita bawa ke depan. Dengan ini kita bisa lihat bahwa, 'ini loh dunia kita dan kita ada di area ini'," kata Masmus.

"Tiap May Day kita memang selalu ikut dan kebetulan dipercayai untuk mengawal anak-anak Honda ke area aksi di Jakarta," lanjutnya.

Sama dengan suara buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), komunitas motor ini menyuarakan aspirasi kepada Pemerintah agar kesejahteraan dapat dinikmati secara menyeluruh di Indonesia.

"Sekarang ini memang ada poin-poin tentang kesejahteraan merata yang belum terisi. Tapi ya namanya kita berjuang, semoga dengan ini keadaan akan membaik," kata Masmus.

Sejak pagi tadi, HOC menurunkan seluruh anggotanya yang bertempatkan di Jakarta.

"Ada 300 anggota HOC Jakarta di sini. Kita memang kegiatannya tidak hanya turing dan senang-senang. Baksos pun dilakukan bersama anak-anak jalanan. Karena kan kita hidupnya juga kebanyakan dijalanan (anak komunitas-Red)," tutup Ketua Umum HOC ini. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed