Minggu, 24 Sep 2017 15:29 WIB

Penggemar Vespa Kumpul di Yogyakarta

Bagus Kurniawan - detikOto
Foto: Bagus Kurniawan Foto: Bagus Kurniawan
Yogyakarta - Mereka mengikuti gelaran nasional Indonesia Scooter Festival (ISF) 2017.

Acara yang bertajuk 'Bervespa Kita Berbudaya' itu digelar di Jogja Expo Center (JEC) di Jl Janti, Gedongkuning, mulai 23-24 September 2017. Sejak Sabtu siang hingga Minggu (24/9/2017) ribuan penggemar Vespa mulai berdatangan.

Mereka ada yang datang dari Bandung, Surabaya, Kediri, Solo, Semarang, Jepara, Jakarta, Palembang, Bali dan lain-lain. Berbagai bendera komunitas di bentangkan di sekitar JEC agar lebih mudah untuk saling berkenalan atau berkomunikasi. Selain itu lapangan di belakang gedung JEC juga dipenuhi motor Vespa untuk menampungnya.

Dengan rasa persaudaran itu berbagai komunitas Vespa di Indonesia berbaur dan berkumpul menjadi satu dalam acara yang baru pertama kalinya tersebut. Suasana keakraban tampak berjalin ketika mereka saling bertemu di halaman gedung JEC.

Selain ajang berkumpul, panitia juga menggelar kontes vespa dari berbagai kategori dan tahun keluaran. Di lokasi juga disediakan berbagai stand yang menjual asesoris motor Vespa, stiker, helem hingga kaos atau suvenir lainnya.

Khusus untuk kontes dibagi beberapa kategori atau jenis misalnya untuk vespa tahun 1950-an dan tahun 1960-an untuk yang original style dan restorasi style. Ada juga untuk Vespa Sprint/super, vespa matic, vespa classic hingga scooter bajaj. Kontes dengan berbagai kategori ini diikuti lebih dari 50 skuter.

Ketua Panitia Indonesia Scooter Festival (ISF), Dwi Yudha menjelaskan acara ini bertujuan untuk menjalin berbagai komunitas Vespa di seluruh Indonesia. Selain itu juga momentum agar acara-acara komunitas vespa lebih tertata. Selain itu juga memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat agar mengenal lebih jauh motor keluaran Italia tersebut.

"Ada masyarakat yang belum tahu skuter yang saat ini banyak penggemarnya di Indonesia. Di tempat ini semua bisa berkumpul dan bersatu dari semua komunitas Vespa," kata Yudha.

Menurutnya ada sekitar lebih dari 20 komunitas, dan 10 klub vespa yang hadir. Sedangkan untuk pengunjung lebih dari 15 ribu yang hadir untuk menyaksikan berbagai acara yang digelar baik stand, kontes hingga hiburan musik.

Heidy Satya salah satu anggota komunitas Vespa dari Bandung mengungkapkan dirinya bersama 10 anggota klub sengaja hadir dalam acara ISF 2017. Semua anggota klub berangkat dari Bandung sejak hari Rabu (20/9/2017) dan sampai di Yogyakarta hari Jumat (22/9/2017) malam.

"Rombongan mampir dulu di Tasikmalaya dan Purwokerto kemudian bareng-bareng naik motor ke Yogyakarta. Sedangkan Vespa yang ikut kontes sudah datang duluan," katanya.
Penggemar Vespa Kumpul di YogyakartaFoto: Bagus Kurniawan

Hal senada juga diungkapkan Hanif salah satu anggota komunitas Vespa dari Semarang. Menurutnya acara festival seperti ini bisa dilakukan di kota-kota lain secara bergiliran. Sebab ada banyak komunitas Vespa yang saat ini semakin banyak dan bertambah anggotanya.

"Acara seperti ini bisa digelar di lain tempat dan di Yogyakarta sudah banyak komunitas yang datang dan sudah terjalin komunikasi yang baik. Kalau di Jawa Tengah, Kota Semarang, Jepara, Purwokerto dan Solo banyak komunitasnya," kata Hanif. (bgs/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed