Sabtu, 28 Des 2013 13:11 WIB

Penggemar Vespa Eksis di Wonosobo

- detikOto
Wonosobo - Semakin tua usia motor semakin nyentrik dan nikmat dipandang. Ini yang mendasari pengguna Vespa untuk tetap eksis salah satunya penggemar Vespa yang tergabung dalam komunitas Orijingan.

Komunitas ini bermula dari nongkrong bareng dan memiliki hoby yang sama 12 Februari 2013. Saat itu para penggemar vespa membentuk suatu komunitas yang diberi nama 'Orijingan' sesuai dengan namanya, anggota komunitas ini adalah para pemilik Vespa, Lambretta atau Scooter yang suka dengan barang barang Original.

Tosan, Pendiri dan pengurus Orijingan Indonesia menuturkan komunitas ini awalnya hanya beranggotakan 6 orang saja, setelah bergabung dan mengobrol di BBM, dan melakukan kopdar (kopi darat) di area Kota Yogyakarta banyak dari rekan –rekan di wilayah Yogyakarta dan Solo yang ingin ikut bergabung dalam komunitas tersebut dan pada waktu itu anggota masih sekitar 25 orang, dan lambat laun dari berbagai wilayah di seperti Pemalang, Semarang, Klaten, Bogor, Jember, Sragen, Lumajang, Banyuwangi, Bali, Banjarmasin, Balikpapan dan daerah lain.

Kata Orijingan sendiri diambil dari kata Ori (diambil dari kata ORIGINAL) terdiri orang-orang penyuka Vespa dan aksesoris orisinil, dan Jingan (diambil dari kata Bajingan) terdiri dari kawan-kawan, extreme, non original, wiraswasta, petualang, jaksa, bengkel, pedagang repro yang mau disebut sebagai Bajingan dalam artian yang bagus, karena mereka ingin merubah image bajingan yang selama ini dipandang arogan, jahat dan urakan.

Dengan dibuatnya komunitas 'Orijingan' sebagai wadah sendiri yang tidak selalu orisinilan yang diobrolin setiap hari dan disaat kopdar.

Dan pada pertemuan akbar yang ke-3 Orijingan sepakat membentuk komunitas pada Minggu 27 Maret 2013 di Wonosobo yang dihadiri oleh perwakilan chapter-chapter seperti Bali, Yogyakarta, Solo, Pati, Pemalang, Cirebon, Bogor, Bekasi dan Jakarta dan ditetapkan sebagai mother chapter adalah kota Yogyakarta dimana ada ide dibuatnya Orijingan.

Dan saat ini tercatat kurang lebih sekitar 275 member dan simpatisan Orijingan di berbagai wilayah penjuru nusantara bahkan sudah ada member dari Kuala Lumpur.

Harapan kedepan, sesuai dengan visi dan misinya, Orijingan diharapkan dapat semakin meningkatkan peranannya sebagai wadah pemersatu klub dan komunitas pecinta Vespa di Indonesia.



(ikh/ikh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com