Jumat, 06 Mar 2020 12:05 WIB

Kenalan dengan Mobil Hybrid, Pengguna Avanza-Xenia Langsung Tancap Gas

Luthfi Anshori - detikOto
Komunitas AXIC jajal mobil hybrid Komunitas Avanza-Xenia jajal mobil hybrid.Foto: AXIC
Jakarta -

Tren mobil ramah lingkungan kini mulai merambah lingkungan komunitas mobil konvensional. Contohnya seperti yang dilakukan para anggota AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), mereka mendapatkan edukasi mobil hybrid di sela-sela Jambore Nasional (Jamnas) ke-6 di Karawang, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Dikatakan Ketua Umum AXIC, Taufik Hidayatullah, kopi darat nasional ini juga diisi berbagai kegiatan bermanfaat, seperti test drive mobil teknologi hybrid dari Toyota, car contest, workshop pembuatan konten video, sumbangan tas daur ulang (reused), dan hiburan, serta game menarik.

Mobil-mobil hybrid yang dibawa di Jamnas tahun ini meliputi Toyota Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Camry HEV. Bekerja sama dengan PT Toyota-Astra Motor, kedua mobil hybrid tersebut bisa dilihat secara dekat bahkan di-test drive oleh para peserta Jamnas Karawang ini. Ini bentuk edukasi mengenai mobil hybrid dan teknologinya kepada seluruh peserta jamnas komunitas mobil sejuta umat ini.

Komunitas AXIC jajal mobil hybridKomunitas AXIC jajal mobil hybrid Foto: AXIC

"Toyota Prius HEV dan Camry HEV dibawa supaya para anggota AXIC lebih memahami kelebihan mobil dengan seluk-beluk teknologi hybrid ala Toyota. Selama Jamnas, kawan-kawan AXIC juga bisa melakukan test drive sehingga lebih paham cara kerja mobil hybrid," tutur Taufik, dalam keterangan resminya.

Dari edukasi ini, para pengguna Avanza-Xenia bisa lebih dalam lagi mengetahui teknologi mobil hybrid. Misalnya saat menginjak gas dengan kecepatan di atas 40 km per jam, mesin konvensional lah yang bekerja, sekaligus mengisi daya motor listrik sehingga mobil hybrid sangat irit bahan bakarnya.

Ketua pelaksana Jamnas tahun ini, Tian melaporkan bahwa acara berlangsung meriah karena kehadiran dan antusias anggota dari seluruh cabang di Indonesia. Misalnya cabang Prabumulih, Batam, Riau, Minang, Lampung, Baturaja, Palembang, Jambi, dan Medan dari Pulau Sumatera.

Kemudian cabang Surabaya, Situbondo, Cirebon, Semarang, Purwasuka, Pati, Lamongan, Kudus, Kediri, Yogyakarta, Jepara, Jember, Blitar, Gresik, Bojonegero, Bandung, Priangan Timur, Sukabumi, dan AE Raya di Pulau Jawa. Selanjutnya Sidrap dari Pulau Sulawesi, Ambon di Maluku hingga Jayapura di Pulau Papua. Serta beberapa chapter dari kawasan Jabodetabek, seperti chapter MetroStar, Cleopatra, Karate, Halilintars, Merkurius, Pakubuwono, Pedang Oetara, dan Bostoner.

Komunitas ini akan berulang tahun ke-16 pada April tahun ini. Per Februari, jumlah anggota AXIC berdasarkan ID lebih dari 6.000 ID. AXIC juga klub otomotif resmi karena memiliki keanggotaan IMI DKI Jakarta No 09-111.

Saat ini AXIC total memiliki 71 cabang dan chapter yang tersebar di seluruh Tanah Air. Jamnas ke-6 ini memiliki tema "Satu dalam Keberagaman". Perhelatan akbar ini dihadiri Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari serta beberapa mitra AXIC seperti Toyota Astra Motor, GT Radial, Daihatsu, Auto2000, Garda Oto, Ottoban, CARfix, BOSCH, Bendix dan lain lain.



Simak Video "Komunitas Mobil, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com