Selasa, 14 Jan 2020 11:18 WIB

Saat Land Rover Tua Diandalkan untuk Bantu Korban Bencana Bogor

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. Land Rover Bogor Raya
Bogor - Siapa bilang mobil tua sudah tak perkasa? Buktinya Land Rover tua ini masih bisa diandalkan untuk menjangkau daerah terisolir akibat bencana.

Banyak relawan yang mengandalkan Land Rover untuk mendistribusikan bantuan kepada korban bencana di pengungsian. Dari usianya, mobil itu tak muda lagi. Land Rover yang diandalkan untuk menjangkau daerah bencana adalah mobil keluaran tahun '70-an dan '80-an.

Saat Land Rover Tua Diandalkan untuk Bantu Korban Bencana BogorFoto: Dok. Land Rover Bogor Raya


Para relawan yang membantu korban banjir mengandalkan Land Rover jenis Long WheelBase (LWB) untuk mengangkut barang-barang, makanan, obat-obatan, logistik, selimut bahkan membawa bahan bangunan yang dibutuhkan di posko bencana. Untuk membawa personel, Land Rover dengan dimensi yang cukup panjang ini bisa mengangkut sebanyak 10 orang ditambah 1 orang pengemudi. Bisa juga digabung membawa barang/bantuan dan mengangkut orang.



Land Rover tua ini masih bisa diandalkan untuk menjangkau daerah bencana karena kemampuannya menaklukkan medan berat sekalipun. Dengan penggerak 4x4, mobil ini bisa menjangkau lokasi-lokasi terpencil dengan kondisi jalan tanah yang hancur.

Saat Land Rover Tua Diandalkan untuk Bantu Korban Bencana BogorFoto: Dok. Land Rover Bogor Raya


"Setiap harinya kita menggunakan 6 Landy (sebutan untuk Land Rover) untuk mengirimkan bantuan dari kantor BPBD Bogor menuju pos-pos pengungsian yang ada di Bogor Barat, bantuan bisa langsung sampai ke pengungsian walaupun tempatnya jauh dan jalannya hancur akibat bencana," kata Nandang Cuwi yang mengatur pendistribusian bantuan BPBD Bogor menggunakan Land Rover.



Ini adalah bentuk misi kemanusiaan dari pemilik Land Rover di Bogor. Tak cuma dari komunitas Land Rover Bogor Raya, beberapa pihak juga banyak yang menyewa Land Rover tua ini untuk menyalurkan bantuan ke korban bencana.



Saat Land Rover Tua Diandalkan untuk Bantu Korban Bencana Bogor


Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com