Sabtu, 23 Nov 2019 16:20 WIB

Mobil Bung Karno Jalan-jalan di Kota Malang

Muhammad Aminudin - detikOto
Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Ratusan mobil kuno hadir di Kota Malang. Mereka tengah mengikuti Exotic 40 tahun Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang digelar di Kota Malang dan Kota Batu.

Ketua Umum PPMKI Roni Arifudin mengatakan, acara ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni Jumat-Minggu (22-24/11/2019).

Setidaknya 242 mobil kuno ikut meramaikan kegiatan ini, dengan peserta sebanyak 600 orang dari berbagai kota di Indonesia. Rata-rata peserta atau anggota PPMKI memiliki mobil dengan usia minimal 40 tahun. Salah satunya adalah mobil Bung Karno.



Roni menyebutkan, alasan memilih Kota Malang dan Kota Batu menjadi tempat pilihan memperingati HUT ke-40 PPMKI karena kegiatan ini juga sebagai bentuk kampanye pariwisata di Malang Raya.

Mobil Bung Karno Jalan-jalan di Kota MalangFoto: Muhammad Aminudin


"Semua tahu Kota Malang dan Kota Batu dikenal sebagai kota wisata, kota bersejarah. Sehingga sangat cocok dengan kegiatan ini," terang Roni kepada wartawan, Sabtu (23/11/2019).



"Ada setidaknya 242 mobil dengan peserta sebanyak 600 orang ikut dalam kegiatan ini," sambungnya.



Rony mengungkapkan, komunitas ini tak hanya menjadi wadah bagi para pencinta mobil kuno, tetapi juga menjadi ajang untuk mempromosikan potensi wisata di Indonesia.

"Selain merawat dan memelihara mobil-mobil klasik, kami bersama yang lain ingin turut andil dalam mempromosikan potensi pariwisata di Indonesia," ungkap Rony.

Selain touring melintasi jalanan Kota Malang hingga Kota Batu, PPMKI dalam hari jadinya ke-40 ini juga akan memajang koleksi mobil-mobil mereka di halaman Balai Kota Malang.

Mobil Bung Karno Jalan-jalan di Kota Malang




Di antara deretan mobil-mobil klasik itu, ada mobil yang dulunya pernah menjadi kendaraan operasional Presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Sukarno. Mobil itu adalah Dodge Brothers buatan Amerika di tahun 1928 serta Yanka merupakan mobil produk Rusia.

Mobil Bung Karno Jalan-jalan di Kota MalangFoto: Muhammad Aminudin


Masyarakat yang ingin melihat sekaligus berfoto dengan mobil-mobil jadul nan langka itu, bisa datang ke Balai Kota Malang.

"Kegiatan sampai Minggu besok, semua mobil akan diparkir di halaman Balai Kota Malang setelah touring," ujar Rony. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com