Rabu, 06 Mar 2019 14:53 WIB

Tarikan Toyota Sienta Anda Lemot? Ini Cara Menyiasatinya

Rizki Pratama - detikOto
All New Sienta Foto: Toyota All New Sienta Foto: Toyota
Jakarta - Beberapa orang yang peduli terhadap performa mobil, khususnya pengguna Toyota Sienta merasa tarikan mesin di putaran bawahnya lemah. Sebenarnya itu adalah hal yang wajar untuk sebuah mobil bertransmisi otomatis jenis Continous Variable Transmission (CVT) yang bertujuan untuk efisiensi bahan bakar.

Para pecinta Toyota Sienta sendiri yang tergabung dalam Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) mengakui hal tersebut. Menurut mereka itu hanya transisi bagi orang yang terbiasa menggunakan transmisi otomatis konvensional dan beralih ke CVT.



"Tarikan bawah lemot itu isunya memang sangat tinggi sekali. Sebenarnya ini hanya perubahan karakter saja orang menggunakan CVT. CVT ini belum semuanya paham dan pernah pake," ujar Ketua Umum Tosca, Nanang Sugianto saat ditemui pada Media Gathering Tosca di Jatinegara, Jakarta Timur.

Untuk mengakalinya, bagi pemilik Sienta yang ingin mendapatkan performa tarikan bawah yang lebih terasa sistem pendingin bisa diganti. Nanang merekomendasikan penggunaan Cold Air Intake (CAI) keluhan tarikan bawah bisa terisi lebih baik.

"Saat ini kita pakai CAI (Cold Air Intake) itu untuk meredam tarikan bawah yang lemah jadi agak padat," ungkap nanang.



Penggunaan CAI sebenarnya memiliki efek pada konsumsi bahan bakar, yang mana direkomendasikan untuk mereka yang benar-benar tidak mempertimbangkan hal tersebut untuk mencapai performa putaran bawah yang memuaskan. "Cuma efeknya satu, CVT kan dibuat untuk hemat bbm, Cuma kalau pakai cai agak naik sedikit. Tapi itu memang sudah resiko kalau mau cepet konsumsi bahan bakar menjadi tumbalnya," jelas Nanang.

All New SientaAll New Sienta Foto: Dadan Kuswaraharja


Terlepas dari putaran bawah yang lemah, Nanang sendiri cukup puas dengan performa mesin CVT standar Sienta pada putaran atas. Baginya kelebihan tersebut menutupi kelamahan lainnya pada mobil tersebut.

"Kalau CVT memang di tarikan bawah soft tapi di putaran atas luar biasa, itu yang menurut saya tertutupi lah dengan kenyamanan saya di putaran atasnya," tutup Nanang. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed