Senin, 25 Feb 2019 12:10 WIB

Glek, Bayar Pajak Nissan GT-R Setahun Bisa Buat Beli Motor 250 cc

Luthfi Anshori - detikOto
Nissan GT-R di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2016 Foto: Rangga Rahadiansyah Nissan GT-R di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2016 Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Nissan GT-R merupakan salah satu mobil sport buatan Jepang. Mobil sedan dua pintu ini punya harga yang tidak murah. Namun demikian Nissan GT-R disebut-sebut sebagai mobil sport yang punya banderol paling terjangkau di antara mobil sport Eropa seperti Lamborghini maupun Ferrari.

"Nissan GT-R baru sekarang harganya sekitar Rp 4,6 miliar. Dengan uang senilai itu sudah bisa beli mobil yang tenaganya 550 dk. Selain GT-R, kayaknya nggak ada mobil lain. Jadi dari harga dan power ratio itu tergolong murah," kata Presiden GT-R Owner Club Indonesia (GOCI), Budi, kepada detikOto, minggu lalu.



Meski harga Nissan GT-R terjangkau untuk segmen mobil sport, dengan harganya yang menyentuh miliaran rupiah, mobil ini tetap memiliki besaran biaya pajak yang cukup tinggi.

Untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor masa pajak 12 bulan (1 tahun) misalnya, pemilik GT-R harus keluar uang puluhan juta rupiah, yang bahkan bisa untuk membeli sebuah motor sport 250 cc.



"Pajak setahun. Kalau (Nissan GT-R) saya punya pajak setahun sekitar Rp 40 juta per tahun," terang Budi. Meski kelihatannya tinggi, menurut Budi besaran pajak tersebut cukup terjangkau untuk mobil di kelasnya.



"Masih aman lah ya. Lebih murah dibanding kalau beli Ferrari atau Lamborghini kan pajaknya bisa mencapai Rp 100 juta ke atas," pungkasnya. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed