Minggu, 29 Jul 2018 14:21 WIB

Selain Main Off-Road Komunitas Jimny Juga Suka Kegiatan Sosial

Akfa Nasrulhak - detikOto
Komunitas SKIn. Foto: Akfa Nasrulhak
Bogor - Setiap mobil memiliki pecintanya sendiri. Mereka yang biasanya menyukai mobil yang sama tak jarang membentuk komunitas otomotif. Kegiatan bersama dengan anggota komunitas tidak hanya berkutat di dunia otomotif saja melainkan juga ada kegiatan sosial.

Salah satunya dilakukan oleh komunitas Suzuki Katana Jimny Indonesia yang disingkat (SKIn). Komunitas kendaraan roda empat yang terbentuk atas dasar kesamaan mobil varian jip Katana Jimny.


Ketua Umum Suzuki Katana Indonesia, Benny mengatakan bahwa SKIN sudah berdiri sejak tahun 2001 di Surabaya. Saat ini memiliki anggota sekitar 2700 orang, di 22 provinsi dan 106 kota di Indonesia.

"Mayoritas daripada anggota SKIn adalah kendaraan seperti Katana Jimny dengan penggerak 4X4," ujar Benny kepada wartawan saat acara Fun & Skill Offroad Competition di Bogor, Sabtu (28/7/2018).

Dalam banyak hal, SKIn berusaha membawa kegiatannya tidak hanya untuk main saja dengan kendaraan tetapi juga 50 persen kegiatan adalah untuk sosial.

"Kami banyak menyantuni anak yatim, membangun sekolah atau madrasah," ujar Benny.

Adapun SKIn untuk pengurusan atau yang mereka sebut Chapter di Jakarta sendiri sudah berdisi sejak bulan Juli 2013. Sekitar 5 tahun berlalu dan pada perayaan ulang tahun pertama SKIN Jakarta, juha mengadakan acara Fun Offroad seperti saat ini. Namun untuk ulang tahun ke dua, tiga dan empat SKIn Jakarta mengadakan bakti sosial karena kita punya SD binaan di Gunung Haur Bogor.


"Jadi kita bangun SD di daerah terpencil, kegiatannya lebih ke CSR atau kemasyarakatan. Kita berikan juga seragam sekolah, buku dan sekedar honorer kepada guru-gurunya," ujar Ketua Chapter SKIn Jakarta, Yudhi Pratama.

Dengan moto SKIn "Satukan Jangan Pisahkan", pada ulang tahunnya yang ke-5, SKIn menggelar Fun & Skill Offroad Competition bertempat di area DePes Villa and Resto Bogor, Jawa Barat.

"Kita kumpul bareng-bareng sekalian halal bihalal, bertemu teman-teman dari segala penjuru chapter kita bisa bersama, jadi SKIn bangkit bersama," tandas Yudhi. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com