Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 01 Oktober 2017, 12:51 WIB

Mobil Prancis Sering Overheat, Ini Sebabnya

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Prancis Sering Overheat, Ini Sebabnya Foto: Indonesia Peugeot 306 Community
Jakarta - Setiap mobil biasanya punya masalah sendiri, untuk mobil Prancis seperti Peugeot, menurut para penggunanya, mobil ini sering mengalami overheat.

Mahendra Setiadji dari komunitas Peugeot 306 menjelaskan bahwa fenomena tersebut sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan mobil, tetapi juga pelaku bengkel yang kurang memahami akan sistem pendinginan di mobil tersebut.

"Iya memang masalah yang paling sering ditemui pada mobil Peugeot adalah overheating. Tapi sebenarnya ini bukan semata-mata karena mobilnya, tapi bengkel tempat mobil tersebut di atasi yang jadi penyebabnya karena cooling system mobil ini berbeda. Bila salah diatasi, malah jadi seperti itu," katanya kepada wartawan di ajang Saturday French Automobile Meet-up 2017, Kemang, Jakarta Selatan.

Akibat overheating mobil Peugeot bukan semata-mata berasal dari radiator yang panas dan kencang tetapi juga dari tekanan air condition (AC) mobil.

"Ketika freonnya sudah tipis, AC nyala nya kencang, itu bisa mengakibatkan overheat. Jadi perputaran cooling system juga tergantung pada kipas pada AC mobil dan freonnya," kata Mahendra.

"Jadi apabila sistem pendingin rusak, atau freonnya sudah mati dan harus diganti tetapi masih bandel, atau terlalu panas di bagian itu, maka overheat akan ditemui," tambahnya.

Oleh karena itu, Mahendra mengimbau kepada seluruh pengguna mobil Peugeot dan mobil Eropa lainnya untuk melakukan servis di bengkel khusus atau spesialis. "Servisnya di bengkel spesialis, jangan bengkel umum biasa. Karena mobil Eropa memiliki sistem yang berbeda khususnya Peugeot," tutupnya. (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed