Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 01 Oktober 2017, 11:12 WIB

Berapa Biaya Perawatan Mobil Prancis?

Ruly Kurniawan - detikOto
Berapa Biaya Perawatan Mobil Prancis? Foto: Indonesia Peugeot 306 Community
Jakarta - Mobil racikan Prancis di Indonesia masih memiliki 'jumlah suara' yang rendah dibandingkan mobil Jepang. Padahal, mobil pabrikan negara tersebut tak kalah bagus.

Koordinator komunitas Peugeot 306 Mahendra Setiadji mengatakan bahwa mobil buatan Prancis sangat mudah dirawat dan bahkan lebih hemat dari pada buatan Eropa maupun Jepang sekalipun.

"Banyak orang yang tidak tahu bahwa mobil buatan Prancis, seperti sekelas Peugeot 306 sangat bagus dan hemat dibanding produksi lainnya," ujar Mahendra kepada wartawan di ajang Saturday French Automobile Meet-Up 2017, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (30/9/2017).

Bila dibandingkan dengan mobil buatan Jepang, dirinya mengatakan suspensi pada mobil Peugeot sangatlah empuk dan stabil. Lantas, bodi nya juga lebih aman.

"Suspensinya itu sangat empuk dan stabil bila dibandingkan dengan mobil buatan Jepang. Kalau sedang menikung dalam kecepatan kencang, goyangnya tidak parah. Terhadap benturan juga lebih secure sehingga nyaman untuk keluarga," kata Mahendra.

"Belum lagi biaya perawatan atau pergantiannya sangat murah. Top deh," katanya lagi.

Untuk pergantian kaki-kaki, mobil sekelas Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri 3 tersebut hanya dibanderol sekitar Rp 5 jutaan saja.

"Pergantian total pada kaki-kaki untuk Peugeot 306 dan 405 itu sekitar Rp 5 jutaan. Sangat murah dibanding mobil Eropa lainnya, bahkan yang produksi Jepang juga," ujar Mahendra.

Sedangkan pergantian pada dapur pacunya, full overhaul diperkirakan penggunanya hanya mengeluarkan Rp 7 jutaan saja.

"Ganti engine baru lagi atau full overhaul itu Rp 7 jutaan, tapi belum dengan ganti pistonnya, ya. Relasi penjual spare part atau bengkel spesialisnya juga sudah mulai banyak," kata Mahendra.

Tak sampai disana, dalam kesempatan yang sama juga dirinya mengungkapkan untuk pemakaian sehari-hari sangatlah praktis dan ramah di dompet.

"Bila dibawa mudik tidak masalah. Perbandingan konsumsi bahan bakarnya itu sampai 1:20," ujar Mahendra.

"Bahkan untuk tipe 306 dan 405 pergantian oli hanya tiga kali dalam satu tahun. Dan itu cukup diminumkan dengan oli Dexron saja yang Rp 65 ribuan," tambahnya.

Nah bagaimana Otolovers, berminat? (ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed