ADVERTISEMENT

Kenalan dengan Nira, 'SPG' Robot yang Bisa Pulang Sendiri dan Disewa Bulanan

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 22 Agu 2022 08:26 WIB
Robot Temi di GIIAS 2022
Robot Temi di GIIAS 2022 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

'SPG Robot' menjadi satu hal menarik di pameran Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2022. Nira merupakan robot assistance interaktif yang disajikan Nissan untuk membantu pengunjung.

'SPG Robot' itu merupakan produk dari Temi Robot. Selain bertugas menyapa pengunjung, Robot itu juga bisa menampilkan informasi terkait produk Nissan dengan cara menyentuh layarnya.

Nira juga membawa informasi melalui scan barcode yang terpasang di belakang robot Temi. Nanti pengunjung akan diberikan akses link menuju website Nissan.

Robot Temi di GIIAS 2022Robot Temi di GIIAS 2022 Foto: Ridwan Arifin

Alvin, Marketing PT Esky Multimedia Indonesia yang memasarkan Robot Temi mengatakan robot Temi ini dilepas ke publik atau skema penyewaan.

"Per unit harganya Rp 150 juta, Bisa juga skemanya penyewaan dengan range harga Rp 20 - Rp 30 juta. Jangka waktunya selama 6 bulan," kata Alvin saat ditemui di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Banten, Minggu (21/8/2022).

Tugas Robot Temi dari Nissan sebagai penyambut tamu. Selain itu, robot services ini juga tersedia di dalam booth Nissan yang bertugas mengantarkan minuman kepada calon konsumen.

"Di sini dia bertugas sebagai greeting (menyapa pengunjung) yang pertama. Terus juga sebagai guide showroom. Dia bisa ngasih tau kelebihan produknya apa," kata Alvin.

Menariknya robot ini tidak menabrak atau menyenggol pengunjung. Dalam amatan detikOto, robot tersebut berhenti jika ada penghalang di depannya, dia juga mencari jalan lain untuk bisa lewat. Robot ini turut mencuri perhatian pengunjung, bahkan dipegang-pegang oleh anak kecil.

"Ini keunggulan si robot ini ada LIDAR, untuk menghindari obstacle yang sudah ada di mobil otonom. Kita sudah maping awal dulu, sudah ngajak dia ngajak keliling di wilayah sini. Dia sudah ada jalurnya sendiri, kalau ada orang pun tidak akan nabrak," kata dia.

Robot ini menggunakan sumber energi listrik. Uniknya lagi, Robot Temi bisa pulang ke tempat pengisian untuk mengisi ulang energi jika baterai sudah mau habis.

"Baterai up to 8 jam, kalau dicharge full dua jam. Dia pun bakal balik ke dock station, pulang sendiri dia. Ketika full dia keluar lagi dari charger-an." jelas Alvin.



Simak Video "Penampakan 2 Mobil Teranyar Suzuki di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT