ADVERTISEMENT

Jokowi Tak Jadi Geber Motor dari Istana ke Kemayoran untuk Buka IIMS 2022

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 12:34 WIB
Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1 (Foto: Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Presiden Jokowi diharapkan bisa membuka pameran IIMS 2022 di JIExpo, Kemayoran. (Fotografer Istana Kepresidenan Agus Suparto)
Jakarta -

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 dibuka mulai besok, 31 Maret 2022. Presiden Jokowi diharapkan bisa membuka pameran otomotif tahunan itu. Tapi satu hal yang pasti, Jokowi tidak akan melakukan konvoi dari Istana Negara sampai JIExpo Kemayoran (lokasi IIMS 2022).

IIMS 2022 semula dijadwalkan berlangsung 17 hingga 27 Februari 2022. Tapi karena status PPKM meningkat, maka penyelenggaraan IIMS 2022 diundur ke tanggal alternatif yang sudah disiapkan sebelumnya bersama pihak JIExpo Kemayoran, yaitu pada 31 Maret-10 April 2022.

Pada Februari lalu, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, sempat menyinggung rencana pembukaan IIMS 2022 oleh Presiden Jokowi, dengan seremonial konvoi dari Istana Negara ke JIExpo Kemayoran. Apakah agenda itu masih sesuai rencana Dyandra?

Dijelaskan Hendra, rencana riding Presiden Jokowi sehubungan pembukaan IIMS 2022 itu dipastikan batal. Itu berkaca dari kasus batalnya rencana Jokowi riding bersama pebalap MotoGP di Jakarta (16/3) sebelum gelaran MotoGP Mandalika, karena alasan keamanan.

"Itu udah pasti nggak jadi ya (rencana Presiden Jokowi riding dari Istana Negara ke JIExpo Kemayoran). Kita lihat dari (kasus MotoGP) Mandalika kemarin," kata pria yang akrab disapa Ko Hen kepada detikOto, Rabu (30/3/2022).

Meski tak jadi menjalankan rencana itu, Ko Hen berharap Presiden Jokowi bisa datang langsung ke JIExpo Kemayoran untuk membuka IIMS 2022. Sekadar informasi, pada IIMS edisi 2021 lalu Presiden Jokowi membuka pameran ini secara virtual dari Istana Negara.

"Masih terus koordinasi. Keputusannya nanti sore ya. Kami berharap Presiden Jokowi bisa hadir langsung (untuk membuka IIMS 2022)," sambung Ko Hen.

IIMS Hybrid 2021IIMS 2021 Foto: Dok. Dyandra Promosindo

Jika Presiden Jokowi berhalangan hadir, menurut Ko Hen pembukaan IIMS 2022 bisa didelegasikan ke pejabat lainnya, seperti Wakil Presiden atau Menteri.

Sebagai informasi, IIMS 2022 bakal diikuti beragam merek otomotif. Di Hall A dan Hall D JIExpo Kemayoran, merek mobil yang turut memeriahkan IIMS antara lain BMW, Hyundai, Chery sebagai brand pendatang baru, Honda, MG, Mitsubishi, Suzuki, Toyota dan Wuling. Lalu dari importir umum, Prestige Motorcars akan menghadirkan taksi terbang listrik Ehang dan mobil listrik Tesla.

Sementara untuk sepeda motor merek yang hadir adalah Honda, Benelli, KTM, Yamaha, Husqvarna, Royal Enfield, hingga Italjet Dragster. Selain itu lini kendaraan roda dua akan diramaikan oleh brand listrik lokal Gesits dan Volta.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT