Presiden Jokowi Dijadwalkan Buka Pameran GIIAS 2021

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 21 Okt 2021 13:15 WIB
Untuk pertama kalinya Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 resmi dubuka oleh Presiden Jokowi.
Jokowi saat membuka GIIAS 2018. Presiden Jokowi dijadwalkan membuka pameran GIIAS 2021. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan berlangsung pada 11-21 November 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan membuka pameran otomotif yang berlangsung di area pamer Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan pameran otomotif GIIAS akan mengusung tema "Wheels to Move" sehingga bisa menambah gairah otomotif setelah dihantam pandemi Covid-19.

"GIIAS akan menjadi pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara usai adanya pandemi pada setahun belakangan," ujar Nangoi saat konferensi pers di Ballroom Hotel Shang Ri La, Jakarta, Kamis (21/10/2021).

"Rasanya ini akan menjadi barometer terhadap pameran serupa lainnya usai menghadapi pandemi Covid-19 yang bisa dikunjungi masyarakat secara langsung alias offline," kata Nangoi.

Nangoi menjelaskan secara perlahan industri otomotif mulai pulih. Hal ini lantaran kebijakan relaksasi yang diberikan pemangku kepentingan.

"Kemenperin men-support industri otomotif dengan memberikan spesial insentif yang kita sebut PPnBM DTP (pajak penjualan atas barang mewah ditanggung pemerintah). Hasilnya bulan September-Oktober penjualannya lebih baik, tapi yang jelas sebelum pandemi penjualan kita per bulan rata rata sebulan 90 ribu unit, bulan April-Mei tahun lalu cuma 5 ribu unit per bulan, di tahun 2021 setelah pandemi Agustus-September 2021 penjualannya kembali di angka 85 ribu," ujar Nangoi.

Nangoi mengatakan, pameran GIIAS mendapat dukungan dari pemerintah. Jokowi dijadwalkan akan membuka pameran GIIAS pada November ini.

"Pameran kali ini menjadi tolok ukur, mudah-mudahan kami sudah meminta dukungan pemerintah Bapak Jokowi pribadi akan membuka pameran ini dan tentunya support khusus dari Menko (Perekonomian) Pak Airlangga (Hartarto), dan Pak Agus Gumiwang (Menteri Perindustrian), pameran ini menjadi titik kebangkitan ekonomi Indonesia," jelas Nangoi.

Seperti yang dijanjikan Gaikindo, penyelenggaraan GIIAS pada November 2021 ini mendapat dukungan penuh dari para anggotanya. Sebanyak 24 merek kendaraan, termasuk kendaraan penumpang dan kendaraan komersial akan hadir pada GIIAS 2021.

"Para peserta sangat antusias untuk ikut di acara GIIAS 2021," kata Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo dalam kesempatan yang sama.

Untuk menyaksikan GIIAS 2021, pengunjung serta seluruh pihak yang hadir sepanjang pameran berlangsung harus memenuhi beberapa persyaratan prokes yang ditetapkan pemerintah.

"Kali ini GIIAS dilakukan untuk protokol Covid yang cukup ketat," kata Rizwan.

Pada penyelenggaraan GIIAS 2021 nanti, seluruh pihak terlibat harus dalam kondisi sehat, sudah menjalani vaksin lengkap dua kali dosis, terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, selalu menggunakan masker medis, secara berkala mencuci tangan, selalu menjaga jarak, dan bagi pengunjung harus melakukan pembelian tiket secara online.

Tiket masuk GIIAS 2021 hanya tersedia di aplikasi GIIAS Auto360 dengan kehadiran pengunjung dibagi dalam tiga sesi setiap harinya. Hal ini untuk memastikan tidak ada kerumunan pada area masuk pameran.



Simak Video "GIIAS 2021 Berakhir, Mungkin Hal Ini Terlewatkan Buat Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)