GIIAS 2021 Jadi Digelar November? Gaikindo: Masih Lihat Sikon

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 05 Okt 2021 20:11 WIB
Acara GIIAS 2019 tak hanya memamerkan mobil-mobil keren, tapi juga SPG cantik yang menjadi pemanis acara. Booth Toyota salah satunya.
Ilustrasi pameran GIIAS Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 terus mundur lantaran imbas pandemi Covid-19. Pameran otomotif berskala internasional ini dijadwalkan mentas pada 11 - 21 November 2021, apakah masih sesuai rencana?

Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto mengatakan bahwa pihaknya masih melihat perkembangan situasi nasional, utamanya terkait kondisi pandemi COVID-19.

"Kami menunggu izin-izin yang diperlukan, mudah-mudahan sikon (situasi dan kondisi) nya memungkinkan untuk penyelenggaraan GIIAS 2021," kata Jongkie saat dihubungi detikcom, Selasa (5/10/2021).

Pelaksanaan GIIAS pada 11-21 November 2021 direncanakan akan berlangsung secara offline di Indonesia Convention Exhibition (ICE)-BSD City, Kabupaten Tangerang. Perhelatan ini bakal dilandaskan penerapan protokol kesehatan berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Pelaksanaan GIIAS sempat ditunda beberapa kali, pada awal Juli lalu, sejalan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Pemerintah Republik Indonesia, Gaikindo memutuskan, untuk menunda penyelenggaraan GIIAS menjadi tanggal 9-19 September 2021.

Namun, dengan adanya keputusan memperpanjang masa PPKM di Indonesia hingga 25 Juli 2021, Gaikindo sekali lagi mengambil keputusan untuk kembali menyesuaikan jadwal pelaksanaan GIIAS 2021 menjadi 11-21 November 2021.

"Kami yakin kehadiran GIIAS pada November nanti tidak akan mengurangi intisari perkembangan teknologi dari industri otomotif yang ditampilkan peserta untuk masyarakat Indonesia," ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo beberapa waktu yang lalu.

Ia juga menekankan bahwa tidak ada yang berubah pada persiapan pelaksanan GIIAS pada September nanti, "GIIAS 2021 akan tetap menjalankan protap kesehatan yang ketat dan mendetail, menuju penyelenggaraannya di September nanti hal ini terus Kami koordinasikan dengan instansi-instansi terkait," jelas Rizwan.

Di sisi lain GIIAS juga menjadi salah satu tempat kelahiran mobil-mobil anyar yang ditawarkan untuk pasar Indonesia. Kira-kira apakah GIIAS bakal berlangsung sesuai rencana, dan bisa melihat beragam teknologi baru di sini?



Simak Video "GIIAS 2021 Berakhir, Mungkin Hal Ini Terlewatkan Buat Kamu!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)