Kamis, 16 Jul 2020 12:21 WIB

GIIAS Surabaya Batal Digelar

Ridwan Arifin - detikOto
Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 digelar di ICE, BSD, Tangerang. Gaikindo tidak menargetkan angka penjualan dalam pameran ini. Ilustrasi pameran GIIAS (Rifkianto Nugroho/detikOto)
Jakarta -

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) membatalkan rencana pameran otomotif GIIAS 2020 di Surabaya. Langkah ini diambil lantaran penyebaran Covid-19 di Surabaya mengalami tren kenaikan.

"Sebuah keputusan berat bagi kami untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 karena industri otomotif saat ini telah siap untuk mulai bangkit kembali," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dalam keterangan resmi yang diterima detikcom, Kamis (16/7/2020).

"Namun, kesehatan masyarakat khususnya di Jawa Timur tetap menjadi prioritas kami, sehingga dengan satu suara GAIKINDO mengambil keputusan ini," sambung dia.

Meski GIIAS seri Surabaya ditunda, Nangoi menyatakan GIIAS yang dihelat di BSD-City bakal tetap berlangsung pada pada 22 Oktober - 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE), Tangerang, Banten. Ia berujar event otomotif tahunan ini merupakan bentuk dorongan industri otomotif untuk kembali bangkit usai anjlok diterpa Corona.

"Kami akan tetap berupaya mendukung pemulihan industri otomotif skala nasional dengan berlangsungnya GIIAS 2020 di BSD-City. Karena kami yakin penyelenggaraannya akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk Industri otomotif menunjukkan performa mereka," pungkasnya.

Lebih lanjut, Gaikindo sedang menyiapkan protokol kesehatan selama GIIAS 2020 di BSD-City.

Protokol diberlakukan untuk seluruh pengunjung, namun juga kepada seluruh peserta dan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pameran, seperti pihak venue penyelenggaraan pameran, para pekerja stand, penyedia makanan, hingga penyedia transportasi.

"Protokol kesehatan sedang dipersiapkan bersama, kami ingin semua pihak melakukan persiapan dengan detil baik dari pihak penyelenggara maupun para peserta, sehingga pameran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman untuk seluruh pengunjung" tuturnya.

Untuk tahun 2021, GAIKINDO merencanakan penyelenggaraan GIIAS The Series akan kembali dapat dilangsungkan di empat (4) kota, Surabaya, Jakarta, Makassar dan Medan.



Simak Video "Ketua Riset COVID-19: Buat Obat Itu Prosesnya Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com