Minggu, 08 Mar 2020 19:36 WIB

Toyota Pamer Angkot dengan Pintu Geser

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota HiAce jadi angkutan umum Toyota HiAce jadi angkutan umum Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Toyota ikut meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Salah satunya dengan menampilkan konsep Toyota HiAce yang disulap menjadi armada angkutan umum.

"Adanya kebutuhan pasar telah mendorong kami melengkapi pilihan line-up kendaran niaga Toyota dengan berbagai varian dan konversinya. Melalui GIICOMVEC 2020 masyarakat dapat dilihat perkembangan kendaraan komersial di Indonesia dan menyaksikan lebih dekat lagi kelebihan dari jajaran produk kendaraan niaga Toyota sebagai solusi mobilitas terbaik untuk mendukung berbagai aktivitas usaha yang melebihi harapan penggunanya," ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Sesuai namanya "Public Transport Concept" mobil ini didesain untuk transportasi umum di perkotaan. Dari segi eksterior tidak ada yang berbeda dengan tampang HiAce Microbus biasanya. Hanya terlihat stiker dengan gambar siluet gedung-gedung ikonik Jakarta.

Toyota HiAce disulap jadi angkutan umum perkotaanToyota HiAce disulap jadi angkutan umum perkotaan Foto: Ridwan Arifin

Berbeda dengan angkutan umum biasanya, Toyota HiAce Microbus ini dibekali pintu geser dengan sistem elektrik, sehingga memudahkan penumpang untuk naik dan turun.

Dari jantung mekanis, Hiace Microbus karoserinya dikembangkan dengan menggunakan New Hiace 2.5 sebagai basisnya. Mengusung mesin 2.494cc 2KD-FTV Turbocharged yang mampu memproduksi power 102 PS.

Masuk ke dalam kabin, Hiace ini didesain dengan jumlah bangku yang berhadapan, dengan jumlah sebanyak 13 buah. Di batas antara bangku penumpang dan sopir terdapat layar LCD yang berisikan layar informasi.

Toyota HiAce dengan jumlah 13 bangku penumpangToyota HiAce dengan jumlah 13 bangku penumpang Foto: Ridwan Arifin

Kabar peremajaan angkutan umum ini sebelumnya juga sempat diungkapkan, Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta akan semakin menambah jumlah armada angkutan kota (angkot) yang telah dilengkapi dengan AC.

Sebelumnya, angkot ber-AC sudah beroperasi di daerah Tanah Abang-Kota. Rencananya, Organda Jakarta juga akan menggunakan MPV bongsor HiAce sebagai angkot yang ditempatkan di daerah perkantoran Ibu Kota.



Simak Video "Pameran GIICOMVEC 2020 Resmi Dibuka, Ada Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com