Senin, 10 Feb 2020 07:04 WIB

Gara-gara Corona, Orang China Dilarang Datang ke Pameran Otomotif

Dina Rayanti - detikOto
WUHAN, CHINA - JANUARY 31:  (CHINA OUT) A man wears a protective mask as he ride a bicycle across the Yangtze River Bridge on January 31, 2020 in Wuhan, China.  World Health Organization (WHO) Director-General Tedros Adhanom Ghebreyesus said on January 30 that the novel coronavirus outbreak has become a Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).  (Photo by Stringer/Getty Images) Virus Corona menyebar di China. Foto: Getty Images
Jakarta -

India bakal menggelar pameran otomotif pekan ini. Namun sesuai dengan kebijakan pemerintah India, warga negara China dilarang untuk mendatangi pameran tersebut seperti diberitakan BBC.

Padahal mobil China turut mengambil tempat pada pameran tersebut. Hal itu dilakukan demi mengurangi penyebaran virus Corona yang terus meluas.

Penjualan mobil di India sendiri mengalami penurunan hingga 16 persen sedangkan China yang menjadi raksasa otomotif dunia juga mengalami hal yang sama.

Di Negeri Tirai Bambu, penjualan mobil merosot hingga 8%. Uniknya penjualan mobil bekas di kedua negara ini justru meningkat.

Di India, mobil bertenaga listrik mulai dilirik. Tata Motor sebagai pemilik Jaguar dan Land Rover telah mengembangkan mobil listrik yang bakal dijual di pasar domestik dan juga ekspor.

Sedangkan China, juga menawarkan mobil listrik melalui perusahaan SAIC Motor dan Great Wall Motor. Maka dari itu, pameran mobil di India terbilang cukup penting untuk menarik minat masyarakat akan mobil-mobil listrik.

Namun dengan adanya pelarangan warga China untuk datang ke pameran bukan tidak mungkin penjualannya tak akan semoncer seharusnya.

Penjualan mobil di dunia memang diprediksi akan merosot dengan adanya wabah virus Corona. Banyak pabrikan besar dari Eropa hingga Amerika yang bermarkas di Wuhan harus tutup karena virus Corona.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com