Kamis, 17 Okt 2019 19:14 WIB

Mobil Konsep Toyota LQ Bisa Ngobrol Akrab sama Sopir

Ridwan Arifin - detikOto
Toyota LQ Foto: Toyota Toyota LQ Foto: Toyota
Tokyo - Toyota kembali mengumumkan mobil konsep yang bakal mejeng di pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Toyota LQ, menjadi mobil konsep dengan teknologi terbaru bahkan bisa mengerti keinginan pengemudi dan membersihkan lingkungan.

Sebagai informasi mobil konsep ini merupakan generasi lanjutan dari Toyota "Concept-i" yang dipamerkan di Consumer Electric Shows 2017 dan juga pernah dibawa ke Indonesia pada beberapa lalu.



"Di masa lalu, cinta kita pada mobil dibangun pada kemampuan mereka untuk membawa kita ke tempat yang jauh dan memungkinkan petualangan kita," ujar LQ Development Leader, Daisuke Ido.

"Teknologi canggih memberi kita kekuatan untuk mencocokkan gaya hidup pelanggan dengan peluang baru untuk kesenangan dan keterlibatan, dengan LQ kami bangga mengusulkan kendaraan yang dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi, memenuhi kebutuhan mobilitas masing-masing pengemudi, dan membangun ikatan yang lebih kuat. Antara mobil dan pengemudi," sambungnya.

LQ memanfaatkan teknologi canggih untuk membangun ikatan emosional antara mobil dan pengemudi. Canggihnya sudah dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan yang dirancang untuk memberikan pengalaman baru kepada pengemudi, yang dinamakan agen Yui.


Interior Toyota LQInterior Toyota LQ Foto: Toyota


Yui juga dapat memilih dan memutar musik berdasarkan lingkungan mengemudi dan memberikan informasi real-time tentang topik yang menarik bagi pengemudi. LQ juga dapat mengkomunikasikan informasi seperti kondisi permukaan jalan kepada orang-orang di dalam dan di luar kendaraan menggunakan Digital Micromirror Device (DMD) yang di pasang di lampu depannya.

Hal menarik lainnya, kabin mengandalkan Augmented Reality Head's up Display (AR-HUD) untuk mendukung berkendara yang aman ketika pengemudi mengambil alih kemudi.

Mobil bergaya hatchback berkapasitas empat penumpang ini dilengkapi dengan kemampuan mengemudi otomatis setara SAE level 4. Bahkan mobil ini dapat melakukan parkir otomatis karena sudah dibekali kamera, sonar dan radar, pemetaan jalan 2D. Sensor kendaraan dan parkir juga bisa memantau kendaraan lain serta pejalan kaki pada rute mengemudi otomatis.

Toyota LQToyota LQ Foto: Toyota


LQ punya dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.840 mm dan tinggi 1.480 mm serta wheelbase 2.700 mm. Tak hanya canggih, LQ juga dirancang sebagai mobil pribadi bertenaga listrik (BEV) yang diklaim mampu bergerak sejauh 300 km.



Simak Video "Sisi Futuristik e-Racer, Mobil Balap Berteknologi Otonom "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com