Kamis, 12 Sep 2019 19:05 WIB

Esemka Jangan Malu Dibilang Mirip China, Toyota Dulu Bongkar Mobil AS

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Ragil Ajiyanto Foto: Ragil Ajiyanto
Makassar - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyambut kedatangan merek baru dari tanah air, Esemka. Gaikindo meminta Esemka tidak pusing dengan banyak masyarakat yang nyinyir dengan Esemka yang katanya mirip mobil China.

Melihat sejarah awal produsen besar dunia, mereka juga ada berevolusi. Toyota saja awalnya ngoprek mobil-mobil keluaran Amerika seperti Ford atau GM pada tahun 1930-an. Mazda aslinya adalah produsen gabus.



"Saya kasih contoh lain, di Jerman dulu Opel aslinya adalah produsen mesin jahit yang kemudian berevolusi. Jadi ini (Esemka) menarik ini harus kita dorong," ujar Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat ditemui di sela-sela Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Makassar, Sulsel.



Kukuh juga mengatakan pilihan Esemka untuk menelurkan model pikap terlebih dulu pastinya sudah melewati serangkaian riset. "Menurut mereka ini mungkin yang dibutuhkan masyarakat. 4 Tahun lalu saya datang ke Makassar waktu itu berbicara dengan Wagub (Sulsel), Pak Wagub bilang kita butuh mobil kendaraan angkut yang bisa angkut pertanian, harganya, terjangkau, kalau perlu 4x4, itu yang mereka perlukan," ujarnya.



Mobil sejatinya adalah kendaraan yang fungsional, bukan melulu harus sebuah mobil yang mewah. "Di daerah mungkin butuh yang itu bukan yang nyaman. Selama ini kan kesan mobil itu harus mewah, lifestyle, padahal itu kebutuhan dasar supaya lebih murah, bisa masuk ke kondisi daerah yang jalanan belum bagus," ujarnya.

Apalagi menurut dia, ikhwal mobil-mobil di Indonesia pada tahun 1970-an juga aslinya adalah kendaraan komersial, kendaraan angkut. "Setelah itu kemudian muncul karoseri, berkembang lagi ke full pressed body. Tahapannya begitu, dan memang pasarnya ada. Kita tidak bisa memaksakan sesuatu yang tidak dibutuhkan masyarakat dan masak yang harus dipenuhi kebutuhannya, kebutuhan masyarakat kota melulu," ujarnya.

Esemka Jangan Malu Dibilang Mirip China, Toyota Dulu Bongkar Mobil ASFoto: Fuad Hasim/Tim Infografis




Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com