Minggu, 28 Jul 2019 13:30 WIB

Usia Kendaraan Tak Dibatasi, Bisnis Ban di Indonesia Potensial

Rizki Pratama - detikOto
Ban Bridgestone. Foto: Rizki Pratama Ban Bridgestone. Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Beberapa tahun terakhir penjualan kendaraan di Indonesia berada di kisaran angka satu juta. Kendati begitu, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk belum semuanya warga Indonesia memiliki kendaraan.

Berbeda dengan negara lain yang rasio kepemilikan kendaraan tinggi, Indonesia masih berpotensi besar memperluas populasi kendaraan. Dilandasi hal tersebut, sektor pendukung industri ini seperti ban memiliki peluang besar untuk terus melakukan penetrasi pasar.


"20 tahun terakhir secara average satu juta kendaraan setiap tahunnya. Kasarnya sudah 20 juta kendaraan yang ada di Indonesia dan rasio kepemilikan kendaraan di Indonesia masih di bawah 9 persen," ujar Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno saat ditemui di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Kamis (25/7/2019).

Pria yang baru menyeberang dari jabatan President Director PT Hyundai Mobil Indonesia ini juga melihat tanpa ada batasan usia kendaraan kebutuhan akan ban masih besar dan bertambah setiap tahunnya.

"Di Indonesia kan juga tidak ada aturan mau pakai mobil selama apapun jadi itu peluang juga. Ditambah lagi pasar mobil bekas di Indonesia besar juga. Untuk kami mobil bekas mobil baru tidak masalah," papar Mukiat.

Bahkan elektrifikasi pun tidak menghambat pertumbuhan ban. Dengan dorongan untuk menggunakan kendaraan listrik, Ia melihat akan semakin mudah dan cepat mobil berteknologi baru dipasarkan di Indonesia sehingga kebutuhan ban akan bertambah lagi.


"Dengan aturan baru tentang emisi kontrol yang dicanangkan pemerintah ini akan membuat kendaraan yang dikembangkan di luar negeri akan lebih cepat masuk Indonesia. Intinya populasi kendaraan di Indonesia akan bertambah," pungkas Mukiat.

Simak Video "Honda Monkey, Si Mungil yang Dibanderol Rp 65 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed