Jumat, 26 Jul 2019 18:53 WIB

Fitur i-talk, Menerima Perintah Logat Daerah Orang Indonesia Lho!

Ridwan Arifin - detikOto
DFSK Foto: Ari Saputra DFSK Foto: Ari Saputra
Tangerang - Salah satu fitur unggulan yang dibenamkan pada mobil anyar DFSK adalah i-talk, sebuah sistem perintah melalui suara tanpa perlu melakukan aktivitas.

Dengan fitur tersebut, mobil yang menggunakan basis dari Glory 580 ini menjadi kelas terbaik yang dimiliki DFSK untuk menggoda konsumen Indonesia. Kendati demikian, untuk saat ini hanya dapat diperintah menggunakan bahasa Inggris.



Tercatat ada 59 perintah suara yang dikatakan pengguna mobil untuk dapat mengaktifkan fitur tersebut hanya dengan menyebut kata pembuka "Hai Glory". Deputy Product Division Head PT Sokonindo Automobile, Ricky Humisar menjelaskan kemudian memberikan feedback dengan mengeluarkan kata-kata yang maknanya tersirat dapat terdeteksi oleh sistem.

"Suatu perintah misalnya AC, dengan secara tersirat misalnya it's to hot bisa diterjemahkan, bahwasanya diperlukan untuk mendinginkan kabin," ujar Ricky saat di arena GIIAS, ICE, BSD, Tangerang.

Ilustrasi Interior DFSKIlustrasi Interior DFSK Foto: Uji Medianti Sukma


Lebih lanjut, Technical Service Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono menyatakan meski saat ini menggunakan bahasa Inggris namun fitur ini bisa mendeteksi beragam logat orang Indonesia.

"Begitu clear intonasinya, apapun suaranya biarpun intonasi dari Padang, Jawa, Batak misalnya. Yang penting clear intonasinya itu bisa dikenali," ungkap Sugi.



Tentu akan fitur i-Talk ini akan memberikan pengalaman baru di model DFSK Glory i-Auto. Beberapa hal dapat mengoperasikan telepon, Navigasi, MP5 (musik, gambar, video), radio, bluetooth, WIFI, Camera (AVM, Camera Recorder), Windows, Sunroof dan Sunshade, Air Conditioner and Fan Control.

Lebih lanjut Sugi mengatakan semua karakter suara bisa melakukan perintah. Namun satu hal yang perlu dicatat adalah suara backsound yang dominan dapat membuat gangguan pada sistem.

"Kemudian bila terjadi crash sistem akan terjadi freeze, begitu freeze itu dia akan ignore sebentar untuk men-ignore, karena bisa saja menjadi backsound yang kadang menjadi masalah. Jadi tidak clear intonasi yang didengar saat recognisi oleh sistem. Begitu dia freeze dia akan restart secara otomatis," jelasnya.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com