Jumat, 26 Jul 2019 09:50 WIB

Mobil China Sama-sama Punya Fitur Voice Command, Janjian?

Ridwan Arifin - detikOto
Glory i-Auto debut di GIIAS 2019 Foto: Rizki Pratama
Tangerang - Dua pabrikan China, DFSK dan Wuling kembali mengeluarkan gebrakan di Indonesia dengan menghadirkan fitur perintah suara. Wuling Indonesian Command, menjadi teknologi perintah suara berbahasa Indonesia, sedangkan i-Talk menjadi fitur andalan di Glory i-Auto.

Menarik, kedua merk asal tirai bambu ini dalam waktu berdekatan meluncurkan fitur tersebut. Terkait hal tersebut, DFSK menyebut, tidak ada kongkalikong dengan Wuling.

Wuling AlmazWuling Almaz Foto: Rifkianto Nugroho



"Produk brand tetangga itu sebenarnya kita saudara, awalnya saat masuk ke Indonesia kita tidak saling mengetahui. Sebelumnya tidak saling janjian," ungkap Head of Marketing Team PT Sokonindo Automobile, Major Qin di ICE, BSD, Tangerang.

"Mengenai fitur voice control itu mungkin brand mengenalkan ke publik, saya pikir setiap pabrikan memiliki strategi masing-masing, mungkin Wuling tidak tahu juga kita bakal memperkenalkan i-Auto," sambungnya.

Memang untuk saat ini fitur i-Talk yang dimiliki DFSK belum dapat menerima perintah suara Indonesia. Namun, pihak DFSK mengatakan sedang melakukan riset bila hal tersebut benar dibutuhkan konsumen Indonesia.

Interior DFSKInterior DFSK Foto: Uji Medianti Sukma


"Jadi kita bisa melihat satu poin yang menjadi alasan kenapa kita memperkenalkan produk bersama berdasarkan hasil riset bahwa masyarakat membutuhkan fitur seperti ini karena bisa memberikan keamanan dan kenyamanan saat kita berkendara," ujar Major Qin.


Terakhir Major menyebut keberagaman produk serupa membuat pasar otomotif Indonesia semakin bergairah. Meminjam kalimatnya seperti bunga bermekaran.

"Satu pepatah kuno dari negeri tirai bambu, kalau diartikan kira-kira kalau hanya satu bunga yang mekar pada musim semi itu tidak akan berarti apa-apa, tapi kalau banyak bunga yang bermekaran itu jadi pemandangan yang indah, itu juga kami implementasikan di pasar otomotif Indonesia saat ini," ujar Qin.

"Kalau hanya kami yang memperkenalkan produk ini itu tidak cukup untuk menghadirkan sesuatu yang menarik untuk konsumen di Indonesia, banyak merk yang hadir di segmen ini tentunya bisa membawa impact baru bagi konsumen kita dalam memilih mobil cerdas," jelasnya.

Simak Video "Geber DFSK Glory 560 Jakarta-Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com