Kamis, 25 Jul 2019 11:19 WIB

Pabrikan Eropa Mulai Rakit Mobilnya RI, Tak Mau Kalah Sama China?

Ridwan Arifin - detikOto
Volkswagen. Foto: Ari Saputra Volkswagen. Foto: Ari Saputra
Tangerang - Kabar gembira untuk pencinta mobil Eropa, selain BMW dan Mercedes-Benz, Volkswagen juga mulai membangun pabrik rakitan mobil di Indonesia. Dengan dirakit di Indonesiam harapannya mobil bisa dijual dengan harga lebih ramah kantong orang Indonesia namun tetap mengedepankan kualitas.

Melihat geliat pergerakan otomotif asal Eropa yang mulai serius merakit produknya di Tanah Air, tentu langkah ini sudah lebih dulu diterapkan pabrikan Jepang.


Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut bangkitnya merek Eropa di Tanah Air bukan perkara ingin kalah atau menang dari pabrikan China atau Jepang.

"Bukan kalah atau menang, yang mereka cari itu adalah bisnis, jadi kalau yang namanya bisnis itu menguntungkan pasti mereka datang," ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Rabu (24/7/2019).

Nangoi melanjutkan potensi pasar yang dimiliki Indonesia mampu menyedot perhatian investor dari berbagai negara.

"Kalau kita lihat di Indonesia ada 265 juta penduduk, dan otomotif akan terus berkembang di Indonesia, kita masih jualan cuma 1,1 juta per tahun itu kecil," sambung Nangoi.


Nangoi mengatakan dengan adanya pabrik mobil nantinya industri akan terintegrasi dari hulu hingga hilir. Keberlanjutan dari penjualan produknya lebih terjamin.

"Buat kami Gaikindo yang penting ada investasi masuk, ada ekspor keluar kendaraan yang sudah jadi itu yang lebih penting. Jadi investasinya di Indonesia jadi basis produksi kemudian diekspor, itu yang paling penting kesana untuk menunjang dua poin. Satu adalah menghasilkan devisa, dua adalah memanfaatkan tenaga kerja di Indonesia," jelasnya.

Simak Video "Klub Mobil Sedan Mewah Kepincut Destinasi Wisata Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com