Senin, 22 Jul 2019 17:50 WIB

Pilih Oli buat Motor Tak Sembarangan, Tergantung Umur Kendaraan?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Tangerang - Memilih oli mesin ternyata tak sembarangan. Alih-alih ingin mendapatkan performa mesin dengan baik malah membuat mesin tidak bekerja optimal jika pemilihan oli tidak sesuai.

Product and Development Master Oli dari PT Autochem Industry, Pringgo mengatakan bahwa salah satu pertimbangan yang menjadi perhatian adalah Society of Automotive Engineers (SAE), menilai berapa angka kekentalan suatu pelumas, baik saat mesin dingin maupun saat mesin panas.

Namun yang harus dipahami adalah spesifikasi mesin kendaraan. Di buku manual pasti disebutkan teknologi mesin dan jenis oli yang cocok. Hal ini yang membuat oli mesin motor lama dan baru dibuat berbeda.



"Clearence dan teknologi sudah berbeda ya, kalau motor tua clearence atau presisi, celah-celahnya lebih longgar, sedangkan motor keluaran terbaru lebih presisi terus piston sekarang zamannya mulai forged dan non-forged. Nah itu kan beda, pemuaiannya, jadi kita pisahin," ujar Pringgo saat peluncuran di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Lebih lanjut PT Autochem selaku distributor berbagai produk aftermarket baru meluncurkan jenis oli untuk SAE 10W-30 dan SAE 10W-40 dengan merek Master Durability untuk motor-motor keluaran terbaru. Sedangkan merek Master Silentium SAE 20W-50 dikhususkan untuk sepeda motor dengan usia pakai di atas 5 tahun.

"Produk oli sintetis ini dirancang agar suara mesin menjadi lebih hening," ujar Direktur PT Autochem Industry, Robby Hartono saat pemaparan dalam kesempatan yang sama.

PT Autochem Industri juga memperkenalkan produk perawatan mesin (engine treatment) yaitu MASTER Petrol Injector (50 ml), MASTER Oil System Cleaner (50 ml), dan MASTER Metal Treatment (50 ml).



Robby menjelaskan produk MASTER Petrol Injector berfungsi untuk membersihkan sumbatan sulfur di injector, mampu mengikat air di dalam tangki bensin, yang terutama sangat bermanfaat untuk tangki dari material logam. Membersihkan residu bahan bakar dari tangki sampai ruang bakar dan turut meningkatkan performa mesin.

Selanjutnya, produk MASTER Oil System Cleaner dapat melarutkan beragam kotoran yang melekat pada dinding bagian dalam mesin (sistem oli mesin) dan membuangnya saat proses penggantian oli mesin.

"Dengan bersihnya saluran oli, dapat meringankan kerja pompa oli, mengoptimalkan kembali kompresi mesin dan menyuguhkan efisiensi bahan bakar. Selain itu proses transfer panas mesin akan menjadi lebih baik sehingga dapat menghindari overheat," ujar Pringgo.



Untuk motor matic MASTER Metal Treatment khusus untuk jenis sepeda motor dengan kopling tipe kering ini. Produk ini dapat mengurangi gesekan antar komponen yang bergerak serta dapat meningkatkan tenaga mesin. Hasilnya, konsumsi bahan bakar dapat lebih irit karena pengendara tidak perlu membuka gas (throttle) lebih besar saat berakselerasi pada kondisi "stop and go".

Produk-produk MASTER yang diluncurkan kali ini memiliki banderol yang kompetitif, mulai Rp 16.000 untuk MASTER Gear Oil, hingga yang termahal adalah MASTER Durability SAE 10W-30 dengan harga Rl 68.750. Tapi harga khusus akan diperkenalkan selama pameran GIIAS 2019 berlangsung.


Pilih Oli buat Motor Tak Sembarangan, Tergantung Umur Kendaraan?


Simak Video "Pria Ini Habiskan Miliaran Rupiah Agar Mirip Jimin 'BTS' "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com