Senin, 22 Jul 2019 16:36 WIB

GIIAS 2019: Jadi Buah Bibir, Apa Beda ADV 150 dengan PCX?

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Tangerang - Honda ADV 150 menjadi kejutan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Sejak diluncurkan, motor matik bergaya petualang ini sontak ramai diperbincangkan.

Padahal sebagian besar jeroan motor ini adalah bawaan dari saudara tuanya, yaitu PCX 150. Lantas apa yang membuatnya berbeda?



Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM), Endro Sutarno pun membuka kesempatan kepada media untuk membedah motor ini lebih jauh.

GIIAS 2019: Jadi Buah Bibir, Apa Beda ADV 150 dengan PCX?Foto: Luthfi Anshori


Secara kasat mata Honda ADV ini memang tampak asing dibandingkan dengan PCX 150. Di balik body tersebut, tersembunyi mesin dan rangka yang sama. Meski demikain, Endro menegaskan bahwa torsi yang dihasilkan berbeda. Torsi ADV lebih besar.

Honda PCX 150. Honda PCX 150. Foto: Rifkianto Nugroho


"Untuk engine memang basic dari PCX 150, bore stroke pun sama kompresi pun juga sama. Cuma yang beda di sini power dan torsi (ADV 150) 13,8 Nm yang lainnya sama," jelas Endro.



Sebagai pembanding, mesin PCX memiliki torsi 13,2 Nm. Perbedaan torsi itu dihasilkan dari setingan Electronic Control Module (ECM), intake injektor, dan muffler.

Endro juga menimpalkan bahwa meskipun basis ADV dan PCX 150 sama, part dari masing-masing motor tak bisa dicangkokkan. Sebagai contoh velg dan suspensi belakang.

"Kalau velg itu PCX bautnya 4 sedangkan ADV 6. Trus suspensi juga ADV lebih tinggi dibanding PCX, bisa dipasang tapi tidak plug n play harus ada perombakan," tuturnya.



GIIAS 2019: Jadi Buah Bibir, Apa Beda ADV 150 dengan PCX?


Simak Video "ADV 150, Bertenaga tapi Kurang Empuk?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com