Minggu, 21 Jul 2019 11:06 WIB

Tips Keliling Dunia Pakai Mobil Bersama Anak Kecil

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Instagram/Journey of Wonder Foto: Instagram/Journey of Wonder
Tangerang - Sebagian orang yang suka melakukan petualangan dunia di balik setir kemudi meninggalkan anak-anaknya di rumah. Hal itu tak berlaku bagi Eelco Koudijs yang mengajak istri beserta sepasang anaknya yang masih di bawah umur.

Tentunya perjalanan sejauh 65 ribu km dari Jakarta ke Maroko ini memerlukan persiapan supaya keluarga yang disayang bisa tetap nyaman dan sehat. Istri Eelco, Vryedta Ilfia Koudijs yang mampir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 pun berbagi pengalaman dan tips bagi keluarga Indonesia lain yang ingin mengikuti jejaknya.



"Kami sebelum perjalanan memutuskan jalan yang dilalui dan tidak dikebut," ujar Vryedta saat ditanyai, Sabtu (20/7/2019).

Untuk jarak tempuh perjalanan, dalam sehari keluarga itu membatasi jarak sampai 300 km saja. Dari jarak tersebut setiap 2 jam perlu berhenti untuk beristirahat dan anak-anaknya bermain.

"Kami tak punya destinasi tetap, sehari 300-400 kilometer jadi buat anak nggak capek. Setiap 2 jam berhenti untuk anak main dan istirahat. Jadi ada waktu main, waktu belajar dan kami tidak lelah," ungkap Vryedta.

Sementara itu, anaknya pun tetap mendapatkan ilmu akademis. Selama perjalanan yang jauh dalam waktu 11 bulan ini, Vryedta pun berperan untuk memberi asupan ilmu.



"Selama perjalanan anak-anak kami tetap belajar. Saya sendiri yang mengajari mereka selama perjalan," tutur Vryedta.

Selain itu, perjalanan ini dilihat Eelco sebagai pendidikan untuk anaknya juga. Baginya, dengan melihat dunia, wawasan dan karakter anaknya dapat terbentuk.

"Dunia ini bagus sekali, dunia luar begitu banyak tempat bagus kalau mengalami beda dengan lihat foto. Itu pendidikan untuk anak-anak kami yang tidak didapat di sekolah. Terutama karakter building menambah wawasan itu penting sekali," tukas Eelco.

Eelco telah melakukan perjalan darat menggunakan Mitsubishi Pajero Sport sejauh 65 ribu km dari Jakarta sampai Maroko. Saat ini mereka kembali ke Indonesia untuk menyelesaikan pendidikan formal anaknya sebelum melanjutkan perjalan. Mobilnya pun masih berada di Pakistan untuk kembali melanjutkan perjalanan pada tahun depan.




Tonton Video Goks! Keluarga Indonesia Ini Keliling Dunia Naik Mobil:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com